SANTRI AR-ROHMAH BERWISATA SAMBIL MENGENANG PAHLAWAN BANGSA

ARROHMAH.CO.ID – Belajar memang bukan melulu soal duduk sembari membaca buku tetapi juga bisa dilakukan sambil berwisata dan mengenal sejarah. Terlebih jika destinasi pilihannya adalah tempat yang edukatif namun tetap memberi kesan senang.

Fakultatif yang bertajuk “Berkunjung ke Museum Brawijaya dan Perpustakaan Umum Kota Malang” tersebut berlangsung selama 3 hari berturut-turu, Senin s/d Rabu (4 s/d 6 Juli) 2022. Dan diikuti oleh ratusan santri SMP IIBS Ar-Rohmah Putri kelas VII dan VIII.

Museum yang dibangun tahun 1967 ini, selain menjadi destinasi rekreasi juga dimanfaatkan sebagai media edukasi dan tempat penelitian ilmiah. Hal ini didukung dengan koleksi museum yang bermacam-macam. Awal masuk museum, santri SMP IIBS Ar-Rohmah Putri disuguhi dengan Tank buatan Jepang hasil rampasan arek-arek Suroboyo. Selain Tank, santri juga bisa melihat secara langsung meriam berukuran 3,7inch, Tank Amfibi AM Track, dan Patung Jendral Sudirman. Selain alat tempur, Museum Brawijaya juga menyimpan koleksi foto, lukisan, peta, serta atribut perang milik pahlawan.

Museum Brawijaya juga memiliki perpustakaan yang mengoleksi buku-buku dan dokumen-dokumen sejarah perjuangan TNI, karya-karya umum, dan referensi yang terkait dengan pengabdian terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hanif Azhar, S.T. selaku kepala sekolah SMP IIBS Ar-Rohmah Putri saat membuka acara fakultatif menyampaikan jika tujuan kegiatan ini agar santri memiliki sikap patriotisme, nasionalisme, dan memperkuat pemahaman santri terhadap materi yang disampaikan guru saat di sekolah.

Selepas dari Museum Brawijaya, santri diajak untuk berkunjung ke Perpustakaan Umum Kota Malang. Kunjungan ke perpustakaan dilakukan untuk menambahkan wawasan pada santri tentang cara menjadi anggota perpus, meminjam buku, atau sekedar berkunjung di Perpustakaan Umum Kota Malang. Selain itu, santri juga bisa menikmati secara langsung kumpulan koleksi buku dan fasilitas yang disediakan oleh pengurus perpustakaan Insan Islamita, S.Pd. menambahkan “Alhamdulilah rangakai acara fakultatif selama 3 hari ini berjalan dengan lancar, santri tampak senang dan semangat mengikuti acara demi acara. Semoga banyak informasi baru yang didapat santri demi mendukung pembelajaran mereka saat di sekolah” ucapnya di akhir wawancara. (Kontributor: Rima | Editor: Suhana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × one =

X
%d bloggers like this: