Tentang Kami
Home » new – tentang
Selamat Datang di Ar-Rohmah
Dengan menerapkan pendidikan berbasis pesantren, kami memadukan aspek intelektual, life skill, dan aspek mental-spiritual. Total terdapat 3 kampus yang terdiri dari Ar-Rohmah Putri IBS, Ar-Rohmah Putri IIBS, dan Ar-Rohmah Tahfizh. Dengan izin Allah, Ar-Rohmah mempunyai total hampir 3000 santri aktif dan ratusan alumni yang tersebar di penjuru negeri. Ar-Rohmah sudah dipercaya oleh banyak wali santri.
Penggunaan Sistem Marhalah
Sebuah konsep maupun praktik yang diterapkan dalam Madrasah diupayakan merujuk kepada model yang diterapkan di zaman klasik atau generasi salaf. Pendidikan Islam masa klasik pada dasarnya hanya mengenal 2 jenjang saja, yakni ibtida’iyah dan jami’ah. Jenjang ibtida’iyah (pendidikan dasar) ditempuh oleh anak-anak usia pra-baligh, biasanya dalam bentuk kuttab, dimana di dalamnya diberikan materi-materi dasar berupa hafalan Al-Qur’an, bahasa, aqidah dan akhlaq. Pendidikan di Ar-Rohmah diselenggarakan dengan sistem marhalah per-angkatan, bukan sistem marhalah per-kemampuan individual. Dalam praktik, siswa kelas 1 akan dipilah dan disatukan dengan temannya yang setara berdasarkan kemampuannya, namun tidak akan dicampur dengan siswa kelas 2 atau kelas 3. Mempergunakan model tatap muka halaqah, dimana guru berinteraksi dengan murid dalam suasana khidmat dan sakral, namun tetap akrab dan rileks.
Materi Pembelajaran
Materi Prasyarat adalah BTAQ (Baca Tulis Al-Qur’an)
- Membaca huruf hija’iyah.
- Imla’ (dikte)
- Khath (menulis)
Materi Pendukung ada empat macam:
- Hafalan kosakata (al-mufradat) dan pola-pola dasar (al-asaalib).
- Latihan membaca serta menginterpretasi teks-teks berbahasa Arab.
- Eksplorasi kamus (kasyfu al-ma’aajim).
- Kisah-kisah teladan (al-mau’izhah wa al-‘ibar).
Materi Inti mencakup tujuh bidang:
- Aqidah
- Adab & Akhlaq
- Al-Qur’an, meliputi: tajwid, tilawah, tarjamah, tahfizh, tafsir, dan ‘ulumul Qur’an.
- Hadits, meliputi: hifzh al-matn (hafalan teks), riwayah (pemahaman isi) dan dirayah (ilmu musthalah hadits).
- Fiqh, mencakup: ushul dan furu’, difokuskan dalam madzhab Syafi’i.
- Bahasa Arab, meliputi: nahwu dan sharf.
- Sirah dan tarikh, mencakup: sirah nabawiyah, tarikh khulafa’ rasyidin.
Kitab Kuning & Buku Pegangan
Dalam ta’lim dirasah Islamiyah ditekankan penggunaan kitab turats (kitab kuning). Hal ini dilakukan karena pesantren itu identik dengan bahasa Arab dan ngaji kitab, selain khazanah kekayaan intelektual Islam ditulis dalam bahasa Arab yang menjadi bahasa Internasional dunia Islam. Selanjutnya santri akan terbiasa dengan literatur kitab-kitab berbahasa Arab ketika belajar di pendidikan yang lebih tinggi nantinya.
Seluruh bahan dan literatur mempergunakan rujukan asli berbahasa Arab. Penerjemahan dan penjelasan materi ke dalam bahasa Indonesia dilakukan dalam proses tatap muka halaqah. Pemilihan bahan dan literatur berbahasa Arab disengaja sebagai salah satu sarana mengakrabkan siswa dengan bahasa Arab.
Buku pengangan atau buku rujukan materi ajar dikategorikan menjadi 2, yaitu: buku rujukan utama (main resources) dan rujukan pembantu (additional resources).
Buku rujukan utama yang dipergunakan:
- Adab dan akhlaq: Al-Akhlaq wal Adab fi Thalabi al-‘Ilmi
- Imla’ dan Khath: Ababil jilid 1-6, atau diktat yang dipergunakan di LIPIA.
- Al-Qur’an: mushhaf (edisi Madinah), buku Metode Al-Hidayah (1-4), bacaan Gharib dan Musykilat (Qiro’ati), Muqaddimah fi Ushuli at-Tafsir.
- Hadits: al-Arba’in an-Nawawiyah, Jawami’ al-Akhbar, Muqaddimah fi Ushuli al-Hadits.
- Fiqh: at-Tadzhib fi Adillati Matni al-Ghayah wat-Taqrib, al-Waraqaat (ushul fiqh)
- Aqidah: al-‘Aqidah ath-Thahawiyah, al-‘Aqa’id al-Islamiyyah
- Bahasa Arab: an-Nahwu al-Wadhih (1-3), asy-Syafiyah fi ‘Ilmi at-Tashrif, al-Amtsilatu at-Tashrifiyyah.
- Sirah dan tarikh: Khulashah Nurul Yaqin fi Sirati Sayyidil Mursalin (1-3).
KULTUR PESANTREN
Al-ikhlash wa an-niyat (kemurnian motivasi, tujuan dan amal), ash-shidq wal amanah (kejujuran dan keterpercayaan), az-zuhd wal wara’ (kebersahajaan dan kehati-hatian dalam menjalani hidup), al-mujahadah (kesungguhan), al-hubb wal-ukhuwwah fillah (cinta dan persaudaraan di jalan Allah), ash-shabr wal-hilm (kesabaran dan kesantunan pribadi).
IBADAH
Ibadah yang dilakukan di pesantren secara rutin selain sholat fardhu berjama’ah juga ibadah sunnah lainnya yaitu sholat lail, sholat rowatib, dzikir, tilawah dan puasa sunnah.
HALAQAH
Halaqoh adalah tarbiyah musyrifah kepada santri untuk menjalin kedekatan serta penanaman hikmah yang dilaksanakan setiap satu pekan sekali di kamar santri.
MAMPU BERMUAMALAH DENGAN BAIK
Mampu bermuamalah dengan baik yaitu mampu menempatkan diri di lingkungan asrama dan sekolah. Mampu menerima kelebihan dan kekurangan orang lain.
KAJIAN UMUM
Pendidikan di pesantren menitikberatkan pada perkembangan spiritualitas, adab dan akhlaq anak yang dilaksanakan secara klasikal setiap satu pekan sekali.
Sains & Teknologi Unggulan – SMP-SMA Ar Rohmah Putri mengintegrasikan eksperimen laboratorium, pembelajaran berbasis proyek, dan teknologi digital. Program ini mencakup coding, Internet of Things (IoT), serta kompetisi sains untuk membentuk santri yang kritis dan inovatif. Selain itu, pembelajaran diarahkan agar ilmu menjadi sarana mendekatkan diri kepada Allah dan bermanfaat bagi umat.
SMP-SMA Ar Rohmah mengintegrasikan Sains dan Teknologi dalam sistem pembelajaran untuk membekali santri dengan pemahaman yang mendalam serta keterampilan praktis di era digital. Beberapa keunggulan yang dihadirkan:
Laboratorium Sains
Fasilitas laboratorium lengkap untuk eksperimen Fisika, Kimia, dan Biologi, sehingga santri dapat belajar secara langsung dan eksploratif.
Laboratorium Komputer dan Kelas Digital
Fasilitas laboratorium komputer modern digunakan untuk pembelajaran coding, desain grafis, pemrograman web, dan pengolahan data. Santri tidak hanya memahami teknologi, tetapi juga bagaimana menggunakannya dengan etika Islam untuk kemajuan umat.
Pembelajaran Berbasis Proyek
Santri mengerjakan proyek ilmiah yang mengasah keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan kreativitas dalam menerapkan teori ke praktik nyata. Proyek ilmiah selalu dikaitkan dengan tanda-tanda kebesaran Allah. Santri diajak untuk merenungkan bagaimana ilmu pengetahuan mengokohkan keimanan.
Penggunaan Laptop dan Tablet untuk Pembelajaran
Santri diberikan kesempatan membawa laptop atau tablet untuk mendukung proses belajar, riset mandiri, serta pengembangan proyek berbasis teknologi. Dengan perangkat ini, mereka dapat mengakses sumber belajar digital, serta mengasah keterampilan teknologi secara lebih mendalam. Penggunaan aplikasi pembelajaran interaktif, untuk membangun pemahaman lebih dalam tentang teknologi.
Kompetisi dan Kolaborasi
Santri didorong untuk berpartisipasi dalam olimpiade sains, dan kompetisi robotika, baik nasional maupun internasional, serta bekerja sama dalam tim untuk memecahkan tantangan nyata.
Pengembangan Soft Skills dan Literasi Digital
Selain aspek akademik, santri dibekali dengan keterampilan literasi digital, etika teknologi, dan komunikasi ilmiah guna mempersiapkan mereka menjadi ilmuwan dan teknolog Muslim yang berkontribusi bagi masyarakat.
Program pembelajaran bilingual dirancang khusus untuk mempersiapkan siswa agar mampu bersaing dan beradaptasi dalam lingkungan global yang semakin kompleks. Karena Di era globalisasi saat ini, kemampuan berbahasa asing bukan hanya sekadar keterampilan tambahan, tetapi menjadi kebutuhan utama untuk berinteraksi dalam pergaulan internasional.
Program pembelajaran bilingual dirancang khusus untuk mempersiapkan siswa agar mampu bersaing dan beradaptasi dalam lingkungan global yang semakin kompleks. Karena Di era globalisasi saat ini, kemampuan berbahasa asing bukan hanya sekadar keterampilan tambahan, tetapi menjadi kebutuhan utama untuk berinteraksi dalam pergaulan internasional.
Mengapa Pembelajaran Bilingual Penting?
- Kemampuan Komunikasi Global: Dengan menguasai bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, siswa dapat berkomunikasi dengan lebih efektif di berbagai konteks internasional. Ini membuka peluang untuk menjalin hubungan dengan individu dari berbagai latar belakang budaya.
- Akses ke Jaringan Internasional: Pembelajaran bilingual memberikan siswa akses ke informasi, sumber daya, dan jaringan yang lebih luas. Siswa yang mampu berbahasa Inggris dapat mengikuti perkembangan terbaru di bidang akademik dan profesional, serta berpartisipasi dalam forum internasional.
- Pengembangan Keterampilan Sosial: Melalui interaksi dalam dua bahasa, siswa belajar untuk beradaptasi dengan berbagai situasi sosial. Ini membantu mereka membangun kepercayaan diri dan keterampilan interpersonal yang diperlukan dalam pergaulan internasional.
Program pembelajaran bilingual di Pondok Pesantren AR ROHMAH IIBS menerapkan pendekatan yang inovatif dan menyenangkan. Beberapa metode yang digunakan meliputi:
- Pengajaran Terintegrasi: Materi pelajaran diajarkan dalam kedua bahasa, sehingga siswa dapat memahami konsep dengan lebih baik dan mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari.
- Kegiatan Interaktif: Berbagai kegiatan seperti diskusi, permainan, dan proyek kelompok melibatkan penggunaan kedua bahasa, menciptakan suasana belajar yang dinamis dan menarik.
- Lingkungan Berbahasa: Lingkungan yang mendukung penggunaan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, baik di dalam maupun di luar kelas, memfasilitasi praktik berbahasa yang konsisten.
- Standarisasi Bahasa: Program ini mempersiapkan siswa untuk mengikuti ujian standarisasi bahasa internasional seperti TOEFL dan IELTS yang sangat berharga untuk pendidikan lanjutan dan karir di masa depan.
Allah subhanahu wata’ala berfirman dalam surat Al-Baqarah Ayat 124 :
۞ وَإِذِ ٱبْتَلَىٰٓ إِبْرَٰهِۦمَ رَبُّهُۥ بِكَلِمَٰتٍ فَأَتَمَّهُنَّ ۖ قَالَ إِنِّى جَاعِلُكَ لِلنَّاسِ إِمَامًا ۖ قَالَ وَمِن ذُرِّيَّتِى ۖ قَالَ لَا يَنَالُ عَهْدِى ٱلظَّٰلِمِينَ
Artinya: Dan (ingatlah), ketika Ibrahim diuji Tuhannya dengan beberapa kalimat (perintah dan larangan), lalu Ibrahim menunaikannya.
Allah berfirman: “Sesungguhnya Aku akan menjadikanmu imam bagi seluruh manusia”. Ibrahim berkata: “(Dan saya mohon juga) dari keturunanku”. Allah berfirman: “Janji-Ku (ini) tidak mengenai orang yang zalim”.
Sedangkan di dalam hadist shahih Rasulullah Muhammad SAW bersabda :
كلكم راع، وكلكم مسئول عن رعيته، فالأمير راع، وهو مسئول عن رعيته، والرجل راع على أهل بيته، وهو مسئول عنهم، والمرأة راعية على بيت بعلها وولده، وهي مسئولة عنهم، والعبد راع على مال سيده، وهو مسئول عنه، فكلكم راع مسئول عن رعيته
“Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan ditanya tentang yang dipimpinnya. Pemimpin negara adalah pemimpin dan ia akan ditanya tentang yang dipimpinnya. Seorang laki-laki adalah pemimpin bagi keluarganya dan ia akan ditanya tentang yang dipimpinnya. Seorang wanita adalah pemimpin bagi anggota keluarga suaminya serta anak-anaknya dan ia akan ditanya tentang mereka. Seorang budak adalah pemimpin atas harta tuannya dan ia akan ditanya tentang harta tersebut. Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan ditanya tentang yang dipimpinnya.” (HR. Bukhari 893 dan Muslim 1829).
Ayat dan Hadits di atas memberikan Gambaran jelas tentang pentingnya Pemimpin.
Alloh subhanahu wata’ala akan meminta pertanggungjawaban setiap mukmin terhadap apa yang dipimpinnya. Seorang laki-laki adalah pemimpin bagi keluarganya dan ia akan ditanya tentang yang dipimpinnya. Seorang wanita adalah pemimpin bagi anggota keluarga suaminya serta anak-anaknya dan ia akan ditanya tentang mereka.
Maka diperlukan upaya yang maksimal untuk mewujudkan generasi pemimpin sebagaimana dijelaskan dalam nash di atas. Untuk mewujudkan Impian agar menjadi generasi pemimpin diperlukan proses pendidikan komprehensif yang dikelola dalam system Pesantren (Boarding School), meliputi Pendidikan aspek Ruhiyah, Aqliyah (intelektual) dan Jismiyah (life skill dan kemandirian).
Pesantren Ar-Rohmah Putri semua santri dan santriwati Belajar untuk Menyiapkan diri menjadi generasi pemimpin yang Taqwa, cerdas, mandiri dengan kriteria :
- Berakhlak mulia,
- Visioner
- Berjiwa juang tinggi
- Ikhlas mengabdi
- Sabar dan pantang menyerah
- Semangat beramar ma’ruf nahi munkar
- Berani dan tanggungjawab
- Disiplin dan mandiri, serta
- Mampu bekerja sama