FESTIVAL IDUL ADHA, EKSPRESIKAN MINAT DAN BAKAT DALAM KORIDOR SYARIAT

ARROHMAH.CO.ID — Umat Islam merayakan hari raya Idul Adha 1442 Hijriyah pada hari Selasa bertepatan dengan tanggal 20 Juli 2021 Masehi. Sebagai bentuk rasa syukur dan usaha untuk mewujudkan profil output Imamul Ummah School yaitu Ahlul Quran, Smart, Komunikatif, Leader, dan Berakhlak Qur’ani, maka diadakanlah Festival Idul Adha pada hari tasyriq bertepatan dengan tanggal 21 dan 22 Juli 2021.

Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memberikan ruang gerak bagi santri SMP Integral Ar-Rohmah untuk mengekspresikan minat dan bakat mereka dalam koridor Syari’at Islam. Perlombaan-perlombaan yang diadakan di antaranya adalah lomba memasak sate, lomba drama, dan lomba khuthbah Idul Adha.

Para santri juga menunjukkan galeri pameran hasil karya berupa puisi, artikel, kaligrafi, minecraft, serta benda-benda yang dibuat dari limbah atau sampah. Rangkaian kegiatan ini dikemas dalam suatu kegiatan Festival Idul Adha dengan tema “Idul Adha sebagai Ajang Peningkatan Kualitas dan Potensi Diri untuk Mencetak Generasi Rabbani”.

Pada hari pertama pelaksanaan Festival Idul Adha, seluruh santri mengikuti lomba memasak sate didampingi oleh wali kelas masing-masing. Dalam perlombaan ini terdapat 4 kriteria penilaian di antaranya adalah kekompakan, kebersihan, rasa, dan penyajian. Seluruh santri dilatih agar memiliki kemampuan saling bekerjasama dalam suatu tim serta dilatih agar bertanggungjawab terhadap kebersihan tempat masing-masing. Tidak hanya itu, mereka juga dilatih agar memiliki keterampilan dalam memasak serta menyajikan sate.

Pada hari kedua pelaksanaan Festival Idul Adha, seluruh santri mengikuti lomba drama dan lomba khuthbah Idul Adha. Setiap kelas juga diminta untuk menampilkan karya terbaiknya dalam galeri pameran hasil karya berupa puisi, artikel, kaligrafi, minecraft, serta benda-benda yang dibuat dari limbah atau sampah. Di awal kegiatan, seluruh santri dikumpulkan terlebih dahulu di lapangan utama untuk melaksanakan apel pembukaan, kemudian menuju ke aula secara tertib dan berurutan dari kelas 8 hingga 9.

Seluruh santri akan disuguhkan dengan galeri pameran hasil karya santri pada saat memasuki aula. Kemudian pertunjukan drama serta perwakilan khuthbah dari masing-masing kelas ditampilkan satu per satu selama berlangsungnya acara. Selain itu tim ektrakurikuler Hadroh juga menampilkan beberapa nasyid pilihan untuk ikut memeriahkan acara ini. Seluruh santri sangat antusias dalam menampilkan penampilan terbaiknya.

Ustadz Wahyu Risdhyan, S.Pd selaku ketua panitia pada kegiatan ini menyampaikan, diharapkan dengan diadakannya kegiatan Festival Idul Adha ini seluruh santri dapat mengasah minat dan bakatnya untuk meningkatkan kualitas dan potensi diri dalam rangka mewujudkan profil output Imamul Ummah School yaitu Ahlul Quran, Smart, Komunikatif, Leader, dan Berakhlak Qur’ani. (Kontributor : Wahyu | Editor: El-Weeldan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × 2 =

X
%d blogger menyukai ini: