Profil Output Santri

Untuk menjadikan proses pendidikan dilingkup YPI Ar-Rohmah berjalan sesuai cita-cita para pendiri dan perintis, maka seluruh rangkaian program kerja, aktifitas kegiatan pembelajaran harus mengacu kepada tercapainya target output yang sudah disepakati. Sesuai dengan cita-cita, visi, misi dan tujuan pendidikan integral Hidayatullah maka target output ini merupakan aplikasi dari konsep taqwa, cerdas dan mandiri.

Konsep Masa Depan

Pendidikan Berbasis
Tauhid

Masing-masing dari ketiga konsep ini memiliki turunan 5 karekteristik dasar santri, sehingga jika dijumlahkan 5+5+5 menjadi 15 karakter. Dengan memiliki 15 karakter ini diharapkan santri alumni YPI Ar-Rohmah telah menjadi bagian dari umat yang senantiasa berjamaah dalam memperjuangkan Islam, demi tegaknya izzul islam wal muslimin. Untuk memudahkan penyebutan maka 15 karakteristik dasar santri ini disingkat dengan istilah “generasi 555”. Generasi yang akan  dilahirkan kelak adalah mereka yang senantiasa berjamaah dalam memperjuangkan Islam, memiliki keyakinan utuh akan pertolongan Allah, Rasulullah dan orang-orang mukmin seperti janji Allah swt dalam surat ke-5(Al-Maidah) ayat 55.

“Sesungguhnya penolong kamu hanyalah Allah, Rasul-Nya, dan orang-orang  yang beriman, yang mendirikan shalat dan menunaikan zakat, seraya mereka tunduk (kepada Allah)”. (Q.S Al-Maidah ayat 55)

Konsep

Taqwa

  • Memahami Konsep Ilmu menurut Islam
  • Menjelaskan pengertian, kedudukan, kategori, sumber-sumber, jalur-jalur memperoleh Ilmu, keutamaan menuntut Ilmu, bekal bagi penuntut ilmu, adab-adab menuntut Ilmu, penghalang-penghalang dalam mencari Ilmu, kewajiban orang yang berilmu.
  • Memahami aqidah sesuai manhaj salafush shalih
  • Menjelaskan pengertian , kedudukan, sumber, cara memahami Aqidah menurut salafusholih, penyimpangan-penyimpangan dalam memahami Aqidah, hakikat ma’rifatullah, meliputi rububiyyah, uluhiyyah maupun asma’ dan shifat-Nya dari surah al-alaq, hakikat ma’rifatul Insan, hakikat ma’rifatul Alah, hakikat ma’rifatur Rasul, kedudukan, fungsi dan konsekuensi dan pembatal-pembatal syahadatain.
  • Memiliki sikap wala’ dan bara’
  • Menjelaskan pengertian, konsep wala’ dan bara’ dalam surah al-Alaq dan surah-surah lainnya, nilai penting wala’ dan bara’ bagi seorang muslim, Menerapkan sikap wala’ dan bara’ dalam kenyataan hidup sehari-hari.
  • Memahami konsep haq dan Batil
  • Menjelaskan makna surat Al-Qolam 1-7, pengertian haq dan batil, Mengklasifikasikan konsep haq dan batil dalam surah al-Qalam dan surah-surah lainnya, Mengidentifikasi orang yang berpegang teguh pada haq dan yang berpegang teguh pada batil, Mengamalkan haq dan batil dalam keseharian
  • Memiliki visi hidup qurani
  • Menjelaskan konsep visi hidup qurani dalam surah al-Qalam, menjelaskan ta’rif Al-quran dan tujuan diturunkannya, kewajiban  seorang muslim terhadap Al-Quran dan  akibat hidup tidak ber-Quran, syarat  berinteraksi dengan Al-Quran, Mengamalkan Al-Quran seperti para sahabat nabi saw
  • Menjadikan Rasulullah sebagai uswatun hasanah
  • Menjelaskan pengertian, kedudukan, fungsi dan tugas, sifat-sifat, kewajiban kita terhadap Rasulullah, aspek-aspek keteladanan pada diri Rasulullah, keutamaan dan kekhususan menjadikan Rasulullah sebagai uswatun hasanah, Menggambarkan hasil dan akibat-akibat dari menjalani hidup tanpa ber-uswah pada Rasulullah, Memperaktikkan akhlak Rasulullah
  • Senantiasa beribadah kepada Allah, yang wajib maupun sunnah
  • Menjelaskan makna, tujuan, syarat diterimanya ibadah, macam-macam ibadah yang wajib dan sunnah, Menjalankan ibadah wajib dan sunnah dalam keseharian
  • Senantiasa bertaqorrub kepada Allah dengan Qiyamul lail, Tartil Qur’an, Dzikrullah, Tabattul, Tawakkul, Sabar, Hijrah
  • Menjelaskan makna dan tujuan bertaqarrub kepada Allah, Menjalankan qiyamullail , Membiasakan tartil Al-Qur’an, dzikrullah, Mempraktekkan tabattul (sikap total) di jalan Allah, sikap tawakkal kepada Allah, hidup sabar, makna dan tujuan hijrah,  Menjauhi kemaksiatan dan pelakunya
  • Berbudaya Islami dan menjauhi budaya jahiliyah
  • Menjelaskan makna budaya Islami dan budaya jahiliyah, Mengklasifikasikan budaya Islami dengan budaya jahiliyah yang ada di tengah-tengah masyarakat, Menerapkan budaya islami dan Menjauhi budaya jahiliyah.
  • Aktif berdakwah
  • Menjelaskan makna dan tujuan, sasaran, metode dan sarana dakwah , Aktif berdakwah di tengah-tengah masyarakat
  • Aktif ber-amar ma’ruf dan nahi munkar
  • Menjelaskan makna dan tujuan amar makruf dan nahi munkar, etika , tingkatan-tingkatan beramar makruf nahi munkar, dan melaksanakannya
  • Memiliki karakteristik seorang da’i
  • Mewujudkan nilai-nilai keteladanan dalam diri, sebelum berdakwah kepada orang lain, Melaksanakan da’wah yang berorentasi pada pengagungan Allah, Menjaga kesucian diri dan keluarga secara lahir dan batin, Menjauhi dosa-dosa besar maupun kecil, Melaksanakan dakwah tanpa pamrih, Melaksanakan da’wah dengan sabar dan penuh hikmah
  • Memiliki kesadaran untuk menegakkan Islam secara kaffah
  • Memahami konsep al-jama’ah
  • Memiliki komitmen hidup berjama’ah dalam sebuah kepemimpinan
  • Mempersiapkan diri untuk berjihad fisabilillah
  • Memahami Hidayatullah sebagai jama’ah minal muslimin
  • Siap menjadi kader atau anggota jama’ah Hidayatullah
  • Memiliki loyalitas kepada kepemimpinan dalam jama’ah Hidayatullah

Konsep

Cerdas

  • Mampu membaca Al-Quran dengan tartil dan mujawwad (lulus metode ummi)
  • Menghafal sebagian surat-surat Al-Quran (reguler 3 juz, takhoshus10 juz) dan Hadits Nabi saw [Hadits-hadits doa dan dzikir harian (SMP) dan hadits arbain nawawi (SMA)]
  • Memahami sebagian surat-surat Al-Quran dan Hadits Nabi saw (tafsir al-muyassar juz 30,29,28 dan kitab makarimul akhlaq liman aroda al-akhlaq dan adabul Islamiyah linnasyiah)
  • Siswa memahami pokok-pokok aqidah, fiqh dan tarikh Islam
  • Siswa mampu membaca kitab bahasa Arab sederhana
  • Mampu meng-i’rob kalimat-kalimat berbahasa Arab
  • Mampu mengkhatamkan, membaca 8 kitab
  • Menguasai minimal 75 % kompetensi dasar seluruh mata pelajaran
  • Mampu mendapatkan nilai tugas, ulangan harian dan tes semester minimal sesuai KKM
  • Mampu berpikir konstruktif, ilmiah, logis dan analitis
  • Mengetahui konsep sains dalam prespektif Islam
  • Menguasai minimal 85 % kompetensi dasar seluruh mata pelajaran
  • Mampu mendapatkan nilai tugas, ulangan harian dan tes semester minimal sesuai KKM
  • Rerata nilai UAN SMP 8,0 (9,8 individu), rerata nilai UAN SMA 7,0 (9,0 individu)
  • Senang membaca buku-buku pengetahuan
  • Memiliki koleksi buku pengetahuan minimal 4 judul pertahun
  • Selalu membawa buku untuk dibaca dikala senggang
  • Memiliki minimal 1250 kata dlm bahasa Arab-Inggris
  • Mampu membaca dengan lancar dan menulis/mengarang sederhana
  • Mampu memahami bahasa dan dialog sehari-hari dengan bahasa Arab-Inggris
  • Mampu menyampaikan gagasan lisan minimal selama 30 menit
  • Mampu menyusun minimal 1 buah karya tulis
  • Mampu membuat proposal dan laporan sederhana
  • Mampu menampilkan karya dalam madding atau media lainnya
  • Mampu membuat resensi maupun ringkasan sebuah buku
  • Mampu membuat karya teknologi terapan sederhana (SMA)

Konsep

Mandiri

  • Mampu menjadi imam sholat, berani mengumandangkan Adzan
  • Trampil memimpin pelatihan baris berbaris (PBB)
  • Mampu menyampaikan gagasan dan mempengaruhi orang lain
  • Aktif di kepengurusan organisasi sekolah baik di OPH /ISTH/ kelas / asrama
  • Mampu mengatur dan bekerja sama dalam team work
  • Memiliki karakter disiplin dalam segala hal
  • Menghargai waktu dengan melakukan kegiatan positif
  • Berani menyampaikan dan menegakkan kebenaran dalam kondisi apapun
  • Berperilaku jujur, bersih, rapi, indah
  • Mampu menjaga barang pribadi dengan baik
  • Sanggup menerima segala resiko dari perbuatannya
  • Menjaga kebersihan fisik, pakaian dan lingkungan
  • Menjaga kebugaran tubuh
  • Terbiasa makan dan minum yang halal, baik dan tidak berlebihan
  • Cekatan, sigap dan tidak sakit-sakitan
  • Menjaga kebersihan fisik, pakaian dan lingkungan
  • Menjaga kebugaran tubuh
  • Terbiasa makan dan minum yang halal, baik dan tidak berlebihan
  • Cekatan, sigap dan tidak sakit-sakitan
  • Mampu memecahkan persoalan muamalah (interaksi) sosial.
  • Mampu mengatur keuangannya sehari-hari
  • Mampu merawat, merapikan pakaian, menjaga barang inventaris pribadi.
  • Mampu melaksanakan ibadah harian dengan kesadaran sendiri.
  • Berinisiatif untuk belajar mandiri.
  • Aktif mengikuti kegiatan sekolah, asrama dan masyarakat
  • Melakukan penelitian sederhana
  • Memiliki karya seni, tulis, desain dan kreasi tangan
  • Mampu mengisi waktu luang dengan kegiatan pribadi yang bermanfaat
X