Tentang Kami
Sejarah Singkat
Ar Rohmah Islamic Boarding School Group adalah sebuah Yayasan Pendidikan Islam di Kota Malang yang lahir di bawah bendera Pesantren Hidayatullah pada tahun 2004.
Berdedikasi Tinggi
Dengan menerapkan pendidikan berbasis pesantren, kami memadukan aspek intelektual, life skill, dan aspek mental-spiritual. Total terdapat 3 kampus yang terdiri dari Ar-Rohmah Putri IBS, Ar-Rohmah Putri IIBS, dan Ar-Rohmah Tahfizh.
Sudah Dipercaya
Dengan izin Allah, Ar-Rohmah mempunyai total hampir 3000 santri aktif dan ratusan alumni yang tersebar di penjuru negeri. Ar-Rohmah sudah dipercaya oleh banyak wali santri.
MENGAPA MEMILIH AR-ROHMAH?
Temukan apa yang bisa Anda pelajari di Kampus Ar-Rohmah IBS. Ada banyak pilihan program unggulan yang bisa Anda dapatkan di tempat ini. Cari berdasarkan pilihan program unggulan berikut untuk menemukan program pendidikan yang terbaik untuk Anda. Terdapat 8 program unggulan yang diterapkan pada jenjang SMP dan SMA.
TAHFIZHUL QURAN
PROGRAM INTERNASIONAL
Program sertifikasi pendidikan internasional Cambridge. Program internasional lainnya adalah Overseas Tour, International Student Forum, Study Abroad Program, Student exchange Program.
BILINGUAL (ARAB-INGGRIS)
PEMBELAJARAN ABAD 21
Pembelajaran yang berorientasi kepada penguasaan tiga kategori kompetensi yaitu Learning skills, Literacy skills dan Life skills.
DIRASAH ISLAMIYAH
KEMANDIRIAN & KEPEMIMPINAN
ADAB & AKHLAQ
SUKSES MASUK UNIVERSITAS DALAM & LUAR NEGERI
Orientasi pembelajaran di SMA Ar-Rohmah adalah membekali berbagai kompetensi dalam menghadapi kompetisi global, termasuk siap bersaing dalam seleksi masuk universitas favorite dalam dan luar negeri.
Bagaimana Sistem Kurikulum Kami?
Kurikulum yang digunakan di Ar-Rohmah adalah perpaduan kurikulum nasional (K13), kurikulum Diniyah Khas Hidayatullah dan Kurikulum Kepengasuhan Khas Hidayatullah. Setiap santri juga diwajibkan mengikuti dua sekolah, yakni sekolah formal dan madrasah diniyah.
KURIKULUM DINIYAH
Santri dididik memahami ilmu-ilmu fardhu ‘ain seperti aqidah, fiqh, dan Al-Qur’an; sekaligus ilmu-ilmu fardhu kifayah seperti nahwu, shorof, dan ushul fiqh. Setiap santri akan menempuh 6 jenjang Mubtadi’ dan Mutawassith (setara kelas VII SMP sampai XII SMA). Dalam sistem ini, santri akan dibimbing untuk mengkaji dan mengkhatamkan 21 kitab klasik dan modern, yaitu: Adab Guru dan Murid (Ibnu Jama’ah/Alimin Mukhtar), Al-’Aqidah Ath-Thahawiyah (Abu Ja’far Ath Thahawi), Mukhtashar Syu’abil Iman (Al-Baihaqi/Al-Qazwini), Muqaddimah Fi ‘Ulumil Qur’an, Tafsir As-Sa’diy (sebagian), Tafsir Ringkas 5 Surah Pertama yang diturunkan, Al-Arba’in An Nawawiyah, Riyadhus Shalihin (An-Nawawi), Minhatul Mughits Fi ‘Ilmi Mushthalahil Hadits (Hafizh Hasan Al-Mas’udi), At-Tadzhib Fi Adillati Matn Al-Ghayah Wat Taqrib (Abu Syuja’/Musthafa Dib Bugha), Al-Waraqat Fi Ushulil Fiqh (Imamul Haramain Al-Juwaini), Durusul Lughah Al-’Arabiyah (Madinah, Dr. V. Abdurrahim), Muqarrar Imla’ Wal Khoth, Matn Al-Ajurumiyyah (Ibnu Ajurum Ash-Shinhaji), Al-Amtsilah At-Tashrifiyah (KH Ma’shum Seblak), Syarh Al-Kaylani, Nurul Yaqin Fi Siratil Sayyidil Mursalin (Khudhary Bek), Qishashul Anbiya’ (Ibnu Katsir), Fiqh Sirah (Ramadhan al-Buthi). Tilawah Qur’an Metode Ummi,dan Terjemah Qur’an Metode Grand MBA. Santri juga dibekali skill baca kitab gundul dan metodologi pembelajaran (didaktik-metodik, teori & praktik).


KURIKULUM KEPENGASUHAN
Kepengasuhan santri di Ar-Rohmah didesain sebagai bimbingan praktis dan aplikatif untuk mengamalkan Islam dalam keseharian santri. Kultur, fasilitas, tata tertib, jadwal hidup dan kegiatan santri didesain sebagai satu kesatuan proses penanaman nilai-nilai dan ajaran Islam ke dalam kepribadian mereka, seperti menomor-satukan Allah, kepatuhan kepada syariat, ketaatan kepada pemimpin, budaya thalabul ‘ilmi, hidup berjamaah dan toleransi, kejujuran dan integritas diri, kedisiplinan, kebersihan diri dan lingkungan, kemandirian, kepedulian dan empati, manajemen dan leadership, dan kesederhanaan. Gerakan Pandu Hidayatullah (GPH) termasuk di dalamnya.
KURIKULUM NASIONAL K13
Struktur, buku ajar, tata kelola (manajemen), dan sistem penilaian merujuk kepada standar yang telah ditetapkan dan diakreditasi oleh BAN S/M (Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah).
Profil Output Santri
Diharapakan dengan semua proses pendidikan berbasis tauhid yang ada di Ar-Rohmah akan memunculkan keberkahan
“Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertakwa, pasti Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi ternyata mereka mendustakan (ayat-ayat Kami), maka Kami siksa mereka sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan” (QS Al-A’raff: 96)
Taqwa
Pribadi yang beraqidah lurus (shahihul shahihah); mempedomani Al-Quran; berakhlaqul karimah; beribadah dengan ikhlas dan istiqamah; berdakwah dengan hikmah; dan berkomitmen hidup berjamaah.
Cerdas
Pribadi yang memahami pokok-pokok ulumuddin; mampu membaca, memahami dan menghafal Al-Qur’an & hadis; terampil berbahasa nasional & internasional; dan menguasai dasar-dasar sains & teknologi.
Mandiri
Pribadi yang memiliki karakter disiplin, berani, dan bertanggung jawab; memiliki jiwa pemimpin; mampu menyelesaikan masalah pribadinya; berbadan kuat dan sehat; serta aktif, kreatif dan inovatif.
Mewujudkan generasi Emas
Bukanlah Sebuah Hal Mustahil
Dimulai dengan memberikan hak pendidikan yang baik anak-anak.
Jangan ragu menyekolahkan anak di pondok.
#ArRohmahMembuatmuMudah






