Ajari Kemandirian, Tanggungjawab, Bersih & Disiplin

“Ajarilah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup di zaman mereka bukan pada zamanmu. Sesungguhnya mereka diciptakan untuk zamannya, sedangkan kalian diciptakan untuk zaman kalian”.

Kesiapan dan kemampuan individu untuk berdiri sendiri, bertanggungjawab, bersih, disiplin yang ditandai dengan kemampuan mengambil inisiatif, siap dengan resiko dan tugas, merupakan persoalan dasar yang harus dimiliki anak untuk menjawab tantangan zaman.

Selain itu mencoba berlatih mengatasi masalah tanpa harus selalu meminta bantuan orang lain, berusaha dan mengarahkan tingkah laku menuju kesempurnaan, perlu untuk dilatihkan sejak dini kepada mereka.

Ketidaksiapan anak menghadapi tantangan, dapat berakibat fatal dalam meraih masa depannya. Bahkan ada kecenderungan bahwa anak yang mandiri, lebih mampu memikul tanggung jawab, mampu memanage dirinya maupun orang lain, dan pada umumnya mempunyai emosi yang stabil.

Kemandirian biasanya ditandai dengan menentukan nasib sendiri, kreatif, dan inisiatif, mengatur tingkah laku, bertanggung jawab, dan mampu menahan diri.

Semua ini insyaAllah kami pelajari di Ar-Rohmah Islamic Boarding School Malang. (Ust Rully Cahyo Nufanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

13 + nineteen =

X
%d blogger menyukai ini: