AR-ROHMAH GARING (GAGAL DARING) – STUDENT’S STORY

ARROHMAH.CO.ID — Pandemi covid-19 mulai memasuki Indonesia sejak awal tahun 2020. Sejak itu pula, banyak dampak yang dirasakan oleh berbagai bidang termasuk dalam bidang pendidikan. Untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 ini, pemerintah membatasi kegiatan dari bebagai kalangan masyarakat. Begitu juga dengan kegiatan para pelajar. Mulai pelajar TK, SD, SMP, SMA, dan mahasiswa perguruan tinggi diharuskan melakukan pembelajaran secara daring. Ya, semua pelajar dirumahkan dan mengikuti pembelajaran melalui zoom meeting, google meet, edmodo, google form, dan lain-lain. Hal ini tentu memiliki dampak positif dan negatif.

Dampak negatif dengan adanya pembelajaran secara daring adalah kurang maksimalnya pemahaman materi atau ilmu pengetahuan yang diperoleh dan banyaknya tugas yang diberikan oleh guru. Hal itu menyebabkan para pelajar menjadi tertekan. Selain itu, berkurangnya kreativitas dan interaksi sosial dengan pelajar lainnya.

Lain halnya dengan pendidikan di dalam pesantren. Salah satunya adalah Pesantren SMP-SMA Ar Rohmah Putri “Boarding School” Dau. Di masa pandemi ini, santri SMP-SMA Ar Rohmah Putri tetap melaksanakan pembelajaran secara luring. Para santri tetap mengikuti pembelajaran sebagaimana mestinya. Di dalam pesantren, santri belajar bagaimana menghargai waktu. Para santri dididik melaksanakan ibadah wajib dan sunah , disiplin dalam belajar, disiplin dalam aktivitas, dan lain-lain. Di dalam pesantren, santri tidak akan bosan karena banyak kegiatan yang dapat dilakukan. Para santri rutin melaksanakan senam bersama setiap pagi. Para santri juga dapat makan bersama, bermain bersama, belajar bersama, dan banyak kegiatan yang lainnya. Dengan berbagai macam kegiatan yang menyenangkan, santri akan tetap sehat dan ceria dalam menjalani kehidupan dalam pesantren.

Di masa pandemi ini, tentu saja belajar di pesantren lebih menyenangkan karena santri tetap bisa belajar secara langsung dengan guru, bisa melakukan berbagai macam kegiatan yang tidak bisa dilakukan siswa yang belajar secara daring, bisa tetap berinteraksi dengan teman dengan melakukan kegiatan bersama, dan banyak lagi. Mondok? Di Ar-Rohmah aja…!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X