AR-ROHMAH PUTRI IIBS BEKALI SANTRI DENGAN KEMAMPUAN ABAD 21 MELALUI PROJECT

ARROHMAH.CO.ID — Ar-Rohmah Putri International Islamic Boarding School berkomitmen membekali siswa-siswinya dengan kemampuan abad 21 melalui project. Melalui program ini, siswa diharapkan mempunyai kemampuan untuk mengikuti perkembangan dan berperan aktif di dunia modern. Kemampuan abad 21 ini ditanamkan pada siswa melalui aktivitas sehari-hari, salah satunya lewat presentasi produk hasil dari pembelajaran terintegrasi berbasis proyek.

Adapun, murid yang terlibat dalam hal ini adalah santri kelas 7 SMP dan kelas 10 SMA. Melalui program ini pula, siswa dilatih untuk berpikir sesuai dengan kemampuan abad 21. Presentasi ini sendiri dilakukan pada tanggal 2 Juli 2021. Pada kesempatan kali ini, 1 santri diharuskan memiliki 1 proyek ilmiah dan wajib full English presentation di hadapan dewan penguji. Dengan kata lain, setiap murid melakukan presentasi ke depan kelas, yang dipresentasikan adalah hasil produk yang telah dikerjakan selama semester 2.

Program bagi jenjang SMP dilaksanakan di lantai 2 gedung Mekkah, sementara untuk jenjang SMA, presentasi dilakukan di aula lantai 5 gedung Mekkah. Selain mewajibkan setiap santri memiliki proyek ilmiah dan full English, program pembelajaran abad 21 di Ar-Rohmah International Islamic Boarding School meliputi tiga hal.

Pertama, The Four Cā€™s, yakni learning skill yang terdiri dari creativity, critical thinking, collaboration, dan comunication. Kedua, program Literacy Skills yang meliputi technology literacy, information literacy, dan media literacy. Ketiga, Life Skills dimana santri diharapkan memiliki lima keahlian yang terdiri dari leadership, initiative, social skills, productivity, dan flexibility.

Program lain yang tak kalah menarik dari Ar-Rohmah Putri IIBS adalah program Bilingual (Arab-Inggris). Penerapan Bahasa Inggris dan Bahasa Arab dilakukan di dalam kelas maupun lingkungan asrama. Setiap siswa kelas 7 dan 10 akan mendapatkan program matrikulasi bahasa selama tiga bulan pertama pembelajaran.

Tak hanya pembelajaran secara intensif, setiap pekannya dilakukan evaluasi oleh tutor untuk mengukur perkembangan para santri. Setelah pembelajaran selama tiga tahun, akan diakan TOEFL untuk bahasa Inggris dan TOAFL untuk bahasa Arab. Program Bilingual di Ar-Rohmah Islamic Boarding School turut memudahkan santri dalam pengerjaan karya ilmiah full English dan presentasi di hadapan dewan penguji.

Selain itu, Ar-Rohmah Islamic Boarding School Jawa Timur juga memiliki Program Internasional yang meliputi Cambridge Certified Program, Overseas Tour, Internasional Student Forum, Study Abroad Program, dan program pertukaran pelajar. Melalui Program Internasional tersebut, santri dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah di berbagai universitas yang berafiliasi dengan Cambridge, aktif berkomunikasi dan berdiskusi dalam forum internasional, hingga mengikuti program belajar di sekolah luar negeri.

Pembelajaran abad 21 yang dikolaborasikan dengan program-program Ar-Rohmah Islamic Boarding School akan membantu santri untuk lebih siap dalam menghadapi perkembangan dan berpartisipasi di era modern.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X