AR-ROHMAH TAHFIZH GELAR UJIAN MUNAQOSYAH TAHFIZHUL QUR’AN 5 JUZ DAN 10 JUZ

ARROHMAH.CO.ID — Dalam rangka mengukur hasil proses pencapaian pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an, Pesantren Ar-Rohmah Tahfizh menyelenggarakan Munaqosyah Tahfidz Al-Qur’an bertema “Melahirkan Santri Penghafal Al-Qur’an, Bagus Bacaan dan Mutqin Hafalan”, Ahad(08/03).

Kegiatan Munaqosyah ini berlangsung dari tanggal 08 – 16 Maret 2021, terdiri dari berbagai materi yang diujikan kepada peserta Munaqosyah di antaranya adalah: materi tahsin dan tahfizh. Jumlah peserta sebanyak 127 santri kelas IX SMP (Marhalah 3), dengan rincian, program 30 Juz sebanyak 37 santri, sementara untuk program 10 Juz sebanyak 89 santri, dengan diuji satu persatu di hadapan empat penguji.

Acara Munaqosyah Tahfizh ini adalah bagian dari rangkaian kegiatan Sukses Ujian Tebuka Al-Qur’an Marhalah 3 yang akan diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 20 Maret 2021 mendatang, setelah sebelumnya para santri marhalah 3 ini telah melakukan kegiatan Munaqosyah Tilawah Metode WAFA selama 3 hari, di depan tiga dewan penguji.

Sementara itu Kepala Madrasah Qur’an Marzan Safrudin, S.Pd.I, M.Pd. dalam sambutannya mengungkapkan rasya syukur atas terselenggaranya seluruh rangkaian kegiatan sukses pra Ujian Terbuka tersebut sebagai sebuah standar kelulusan pesantren. Sekaligus ia memberikan apresiasi kepada para peserta serta panitia dan memberikan pesan bahwa banyak sekali kemuliaan dan keutamaan yang akan diraih dengan belajar Al-Qur’an. Harapannya para santri setelah lulus dari pesantren dapat menjadi imam dan da’i yang kompeten di tengah masyarakat. Semoga santri-santri tercinta terus semangat untuk belajar Al-Qur’an guna kebaikan diri sendiri dan memberikan hadiah terindah kepada kedua orang tua. Pungkasanya yang di aminkan oleh seluruh peserta yang hadir.

Hanif Ahsan Abdullah, yang merupakan salah satu dari perserta Munaqosyah menyampaikan, rasa senangnya bisa mengikuti kegiatan ujian tersebut walaupun masih merasa grogi dan minder, tetapi dengan menjadi peserta ujian atau munaqosyah bisa belajar dan terus belajar lagi, sehingga ke depannya hafalan dan bacaannya bisa lebih baik, ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X