BK Ar-Rohmah Gelar Acara Pelatihan Konseling & Psikoterapi Ghazalian

arrohmah.co.id – Bimbingan Konseling Ar-Rohmah Pesantren Hidayatullah Malang menyelenggarakan upgrading ilmu bertajuk “Pelatihan Konseling & Psikoterapi Ghazalian” di aula lantai 3 Gedung Khadijah Kampus Ar-Rohmah Putri 1(11/01). Pelatihan tersebut diikuti oleh masing-masing perwakilan tim kepengasuhan dan BK dari tiga kampus Ar-Rohmah.

Menghadirkan perintis Psikologi Ghazalian selaku narasumber, Ricky Firmansyah dengan cakap menjelaskan bagaimana proses Psikoterapi Ghazalian pada masalah stres. Ricky menyampaikan bahwa Psikoterapi sendiri menurut Al-Ghazali memiliki tujuan untuk ma’rifah al-nafs (mengenali jiwa), tazkiyah al-nafs (penyucian jiwa), takmil al-nafs (penyempurnaan jiwa), tahzhib al-akhlak (pendidikan akhlak).

“Dalam psikoterapi Ghazalian, terapis harus menyandarkan kepada empat tujuan tersebut dan juga memahami komponen jiwa bahwa jiwa tersusun atas 3 hal, yaitu nabatiyah, hayawaniyah dan insaniyah. Jiwa nabatiyah adalah jiwa yang berfungsi untuk makan, tumbuh dan melahirkan. Jiwa hayawaniyah adalah jiwa yang berfungsi mengetahui hal-hal kecil dan bergerak sesuai kehendak/iradah Allah SWT, sedangkan jiwa insaniyah adalah jiwa yang melakukan perbuatan dan mengatahui hal-hal yang lebih bersifat umum. Ketiga komponen jiwa itu akan membentuk akhlaq dan perilaku manusia,” paparnya.

Ketua panitia upgrading, Vonny Fatimah mengemukakan pelatihan ini sangat dibutuhkan guna memberikan problem solving para santri yang dialami di pondok. Lebih lanjut, Umi Fatim begitu sapaan akrabnya, menambahkan bahwa harapannya dengan ilmu psikoterapi ala Ghazalian ini menambah khazanah keilmuan yang baru dalam persepektif Islam.

Acara berlangsung dengan lancar selama dua hari (11-12/01) mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.30 WIB. Di akhir acara adanya diskusi mengenai permasalahan santri di pesantren turut serta membuat peserta antusias agar bisa mengimplementasikan ilmu tersebut secara langsung. (Kontributor : Azzam | Editor : Elweeldan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X