GELAR MUNAQASYAH, AR-ROHMAH PUTRI BERTEKAD LAHIRKAN GENERASI QUR’ANI

ARROHMAH.CO.ID – Madrasah Diniyah Ar-Rohmah Putri International Islamic Boarding School (IIBS) Pesantren Hidayatullah Malang bertekad melahirkan generasi muda yang berjiwa Qur’ani. Salah satu ikhtiar menyiapkan generasi impian tersebut adalah menggelar ‘Munaqasyah Al-Qur’an Metode Ummi’ di Aula Al Hambra lantai 3, Ahad (21/11).

Farida Sumanti selaku Kepala Madrasah Diniyah mengemukakan, munaqosyah merupakan penilaian kemampuan santri pada akhir pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Ummi. Selain sebagai kontrol pembelajaran, ujian tersebut juga bagian dari standardisasi kualitas bacaan Al-Qur’an santri.

Bekerjasama dengan UMMI Malang, munaqosyah kali ini diikiti 75 santri kelas VIII SMP. Setiap peserta, lanjut Ustadzah Farida sapaan akrabnya, diuji dengan beragam materi. Seperti : fashohah dan tartil Al-Qur’an, membaca ghoroib dan komentarnya, teori Ilmu tajwid dan menguraikan hukum-hukum bacaan dan hafalan dari surat Al A’la sampai surat An Naas.

Salah satu peserta, La Dontaine Najma santri kelas VIII C, mengaku lega usai mengikuti ujian Al-Qur’an yang berlangsung mulai pukul 07.30 sampai pukul 11.00 WIB. tersebut. Ia merasa bisa melalui munaqosyah itu dengan baik, meski sebelumnya diliputi ketegangan. Melalui munaqosyah ini, ia pun menyadari pentingnya membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Tidak asal membacanya, tapi harus sesuai dengan kaidah ilmu tajwid dan makharijul huruf. (Kontributor : Ardi | Editor : Hery Purnama)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 + two =

X
%d blogger menyukai ini: