LDK COBAN RONDO, MENYEMAI CALON PEMIMPIN MASA DEPAN

ARROHMAH.CO.ID – Menyemai calon pemimpin masa depan itu pekerjaan yang agung dan mulia. Pun demikian tantangannya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu ikhtiar yang sungguh-sungguh, istiqomah dan menempanya langsung dalam realitas kehidupan.

Seperti yang dilakukan oleh SMP Integral Ar-Rohmah Tahfidz Pesantren Hidayatullah Malang akhir Januari lalu. Sebanyak 110 santri kelas IX digembleng dalam Latihan Dasar Kepemimpinan Santri (LDKS) II di Coban Rondo Pujon, Kabupaten Malang.

Bumi perkemahan yang dihiasi air terjun yang memesona itu menjadi tempat yang kondusif untuk mengasah jiwa kepemimpinan para santri. Selama tiga hari, mereka tidak hanya dilatih tentang ketahanan dan kekuatan fisik semata. Melainkan juga diberikan beragam materi yang dikemas menarik, menggugah dan menginspirasi. Yaitu meliputi aspek penguatan mental, spiritual dan ketrampilan dalam berorganisasi.

Berlangsung di tengah hamparan hutan pinus yang lebat nan dingin, kegiatan itu dibuka langsung oleh Kepala Sekolah SMP Integral Ar-Rohmah Tahfidz, M. Nur Cholis. Dalam sambutannya, Ustadz Nur demikian sapaan akrabnya, menyampaikan pentingnya meneladani kepemimpinan Nabi Muhammad SAW.

Menurutnya, profil seorang pemimpin itu haruslah sebagaimana yang Rasulullah contohkan. Yaitu memiliki sifat siddiq, amanah, tabligh dan fathonah. Perkataan yang keluar dari lisannya hanya kebenaran. Tidak khianat atau dapat dipercaya dalam mengemban amanah yang diberikan. Selain itu juga selalu menyampaikan kebenaran dan mampu mengoptimalkan kecerdasannya untuk kemaslahatan ummat.

“Semoga para santri ini bisa meneladani kepemimpinan Nabi dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari,”pungkasnya. (Kontributor : Mukhamad Hermanto | Editor : Hery Purnama)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × one =

X
%d blogger menyukai ini: