MEMUPUK RASA PERSAUDARAAN ANTAR SANTRI AR-ROHMAH PUTRI DENGAN SENAM BERSAMA DAN TUKAR KADO

ARROHMAH.CO.ID — Setelah berlibur selama 1,5 bulan, santri Ar-Rohmah Putri Kampus 2 mengawali minggu pertamanya dengan senam pagi bersama. Acara senam bersama yang dilangsungkan pada 20 Juni 2021 ini juga dijadikan ajang untuk memupuk rasa persaudaraan dan cinta di antara santri Ar-Rohmah Islamic Boarding School dengan saling bertukar hadiah.

Ditengah sibuknya persiapan menjelang ujian, para santri diajarkan salah satu kemuliaan dalam Islam, yakni memberi hadiah kepada orang lain. Pada kesempatan ini pula, santri Ar-Rohmah Islamic Boarding School Malang diingatkan untuk tajdidun niat atau (memperbaharui) memperbaiki niat, selain niat untuk mencari teman, niat menuntut ilmu harus selalu ditekankan dalam diri.

Memupuk rasa persaudaraan dan menguatkan niat dalam mencari ilmu merupakan bentuk pengamalan para santri dari ajaran agama Islam. Sebab, seperti yang kita tahu, Islam juga menekankan pentingnya menuntut ilmu setinggi-tinggi. Hal ini telah disampaikan dalam Al-Qur’an maupun hadits.

Selain mempererat rasa persaudaraan dan cinta di antara santri, senam bersama dan tukar kado ini jadi momen perkenalan santri dengan ustadzah baru yang akan mendampingi proses belajar mengajar.



Tentang Ar-Rohmah Islamic Boarding School

Ar-Rohmah Islamic Boarding School merupakan institusi pendidikan yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Islam Ar-Rohmah Putri. Tak hanya mendidik siswa-siswi di jenjang SMA, Ar-Rohmah Islamic Boarding School Jawa Timur juga mendidik siswa di jenjang SMP.

Dengan menerapkan pendidikan berbasis pesantren, lembaga pendidikan ini memadukan aspek intelektual, life skill, dan aspek mental-spiritual. Total terdapat 3 kampus yang terdiri dari Ar-Rohmah Putri IBS, Ar-Rohmah Putri IIBS, dan Ar-Rohmah Tahfizh.

Terdapat delapan program unggulan yang diterapkan pada jenjang SMP dan SMA. Pertama, Pembelajaran Abad 21 yang berorientasi pada Learning skills, Literacy skills, dan Life skills. Kedua, Program Bilingual yakni matrikulasi pembelajaran dan penerapan bahasa Inggris dan bahasa Arab. Ketiga, Program Internasional yang meliputi Overseas Tour, Study Abroad Program, International Student Forum, dan Student Exchange Program.

Keempat, Program Tahfizhul Qur’an, yakni menghafal Al-Quran dengan target hafalan sesuai kelas yang dipilih, mulai dari 3 juz, 5 juz, 10 juz, hingga 30 juz. Program yang kelima adalah Dirasah Islamiyah yang meliputi materi Aqidah, Fiqh, Akhlaq, Tarikh, Ulumul Quran, hingga Hadits dengan sistem marhalah. Keenam, Program Kemandirian & Kepemimpinan dimana santri diajari untuk hidup mandiri denan kultur pesantren, mulai dari berlatih organisasi, berani bertanggung jawab, ber-amar ma’ruf, pantang menyerah, dan disiplin manajemen waktu. Ketujuh, Adab & Akhlaq dimana santri praktek secara langsung terkait ajaran Islam dalam keseharian mereka. Dan Program yang terakhir adalah Sukses Masuk Universitas Dalam dan Luar Negeri, karena Ar-Rohmah Islamic Boarding School membekali para siswanya agar lebih siap untuk berkompetisi secara global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X