Meraih Berkah Berqurban Ditengah Pandemi

Idul Adha juga dikenal sebagai Hari Raya Qurban. Dan diperingati setiap tanggal 10 Dzulhijjah setiap tahun. Idul Adha 2020 tahun ini jatuh pada tanggal 31 Juli 2020 atau hari Jum’at.

Dilansir dalam buku berjudul ‘Rahasia & Keutamaan Hari Jum’at’ oleh Komarudin Ibnu Mikam dijelaskan bahwa Idul Adha berkaitan dengan kisah ketika Khailullah, Nabi Ibrahim melaksanakan perintah Allah SWT untuk menyembelih sang putra, Ismail a.s ketika hendak dilaksanakan, Allah SWT menggantinya dengan binatang domba.

Menyambut Idul Adha 2020, buku ‘Panduan Muslim Sehari-hari’ oleh DR. KH. M. Hamdan Rasyid, MA dan Ust. Saiful Hadi El-Sutha menjelaskan beberapa adab ketika hendak sholat Idul Adha yakni:

1. Melakukan mandi terlebih dahulu, memakai wewangian dan memakai pakaian yang bagus berdasarkan penutusan Al-Hasan bin Ali, “Rasulullah memerintahkan kami dalam Idul Fitri dan Idul Adha agar memakai pakaian terbagus yang kami miliki, memakai minyak wangi terbaik yang kami miliki dan berkurban pada Hari Raya Idul Adha dengan binatang kurban termahal dari apa yang kami miliki.” (HR. Al-Hakim).

2. Tidak makan terlebih dahulu saat mengerjakan sholat Idul Adha. Berdasarkan hadits Nabi riwayat Buraidah, “…Dan Nabi tidak makan di hari Idul Adha sehingga beliau pulang dari sholat Idul Adha, lalu beliau makan dari daging hewan kurbannya.” (HR. At-Tirmidzi).

3. Banyak membaca “takbir” pada malam idul Adha sampai akhir hari Tasyriq yaitu tanggal 11,12 dan 13 bulan dzulhijjah.

4. Berangkat ke tempat sholat Idul Adha dari satu jalan dan pulangnya melalui jalan berbeda. “Rasulullah itu keluar dan pulang dari jalan yang berbeda di hari raya.” (HR. Al-Bukhari).

5. Menunaikan kurban (memotong hewan kurban), bagi setiap muslim yang mempunyai kemampuan berkurban.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

nineteen − 4 =

X
%d bloggers like this: