PERAN AHLUL QUR’AN DI TENGAH UMAT

Bismillah,
Wal Hamdulilah

Segala puji bagi Allah Rabb semesta alam yang telah membimbing manusia untuk membaca dan menulis, membimbing mereka untuk menjadi pandai dan bermanfaat bagi sesama. Sungguh Allah Dia Dzat Yang Maha Baik dan Maha Penyayang.

Sholawat dan salam semoga tercurah kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam, yang telah mewarnai dunia dengan akhlak Al Qur’an, yang akan tetap bersinar dan menjadi panutan sepanjang zaman.

Kami mencoba menulis tentang ciri-ciri kebangkitan peradaban Al-Qur’an, tidak akan pernah usai dari perbincangan. Al-Qur’an laksana samudera, tak akan pernah habis, nilai-nilai keluhuran, kebaikan, ilmu, dan hikmah bak kilauan mutiara yang sangat indah.

Dan karena Ahlul Qur’an – yang merupakan orangnya Allah – mereka membawa Al-Quran: dalam hafalan-hafalan, kontemplasi, profesi dan pendidikan, sehingga tidak pernah akan ditemukan mereka melakukan penyimpangan dari nilai-nilai luhur, tetapi selalu menggunakannya dalam setiap keadaan. Dengan cahaya Al-Quran mereka berjalan, dan dengan itu pula mereka semua bekerja keras dalam mencari keridhaan-Nya.

Ahlul Al-Qur’an adalah orang-orang yang toleran dan moderat, menampilkan komunikasi yang beradab antar sesama, dialog yang berkelanjutan dan pemberian hadiah-hadiah yang menyambungkan keharmonisan. Tidak ditemukan pada mereka saling hina, saling olok, dan saling serang. Karakter mulia yang senantiasa membuka diri untuk kebaikan bersama.

Bagaimana tidak, sedang di tengah mereka ada Al Qur’an yang selalu membimbing mereka.

Mereka Ahlul Al-Qur’an melindungi orang lain dari keputusasaan, menerangi jalan mereka, memfasilitasi kemudahan bagi mereka, membatu mereka bangkit dari keterpurukan, memberi mereka harapan.
Allah berfirman dan surah Al Isra’ ayat 9.

اِنَّ هٰذَا الۡقُرۡاٰنَ يَهۡدِىۡ لِلَّتِىۡ هِىَ اَقۡوَمُ وَ يُبَشِّرُ الۡمُؤۡمِنِيۡنَ الَّذِيۡنَ يَعۡمَلُوۡنَ الصّٰلِحٰتِ اَنَّ لَهُمۡ اَجۡرًا كَبِيۡرًا

“Sungguh Al Qur’an ini memberi petunjuk ke jalan yang paling lurus, dan memberi kabar gembira kepada orang mukmin yang mengerjakan kebajikan, bahwa mereka akan mendapatkan pahala yang besar”

Di antara peran yang dapat diberikan oleh Ahlul Qur’an bagi umat manusia dalam konteks ini adalah sebagai berikut:

  • Peran pendidikan publik, di mana mereka menyebarkan nilai-nilai petunjuk Al-Quran, dan pendekatannya untuk menghantarkan manusia pada kesempurnaan dan kebahagiaan hidup, sehingga setiap individu menjadi orang yang baik dan berkobtribusi baik bagi sesama.
  • Peran reformasi sosial, di mana peran ini didasarkan pada peran sebelumnya. Tatkala nilai-nilai ketuhanan tertancap dalam diri individu, maka akan mempermudah terwujudnya reformasi sosial secara umum dengan menjaga tata nilai dan aturan di tengah Umat manusia. Menjaga dan mempertahankan nilai-nilai luhur di tengah-tengah mereka, di mana hal itu merupakan tujuan tertinggi dari ajaran Agama.
  • Peran (Juru) Dakwah, peran yang menguatkan peran-peran lainnya, dan mampu masuk ke dalam aplikasinya, sehingga umat manusia menunjukkan sikap toleransi Islam dan kemudahan dalam Syariah, sehingga mereka menyerap aspirasi umat, dan mampu memperluas payung Islam ke bidang-bidang lainnya yang luas, yaitu KEMANUSIAAN.

Semoga bermanfaat untuk kita semua!

هذا وبالله التوفيق

Dau Malang, 03 Rajab 1442 H.

[*Muzayyin Abdullah]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X