PERKUAT TSAQAFAH ISLAMIYAH DENGAN UJIAN AKHIR DINIYAH

ARROHMAH.CO.ID – Madrasah Diniyah Ar-Rohmah Putri Internasional Islamic Boarding School (IIBS) Pesantren Hidayatullah Malang menggelar Ujian Akhir Diniyah (UAD) semester ganjil tahun pelajaran 2021-2022, (19‐26/11).

Farida Sumanti selaku Penanggung Jawab UAD mengatakan, ujian di akhir semester ini tidak hanya untuk mengukur tingkat penguasaan kompetensi santri dan keberhasilan proses pembelajaran selama enam bulan terakhir. Melainkan juga bagian dari menyiapkan generasi tauhid yang siap membangun peradaban Islam.

Menurut Ustadzah Farida, sapaan akrabnya, bekal terbaik yang harus dimiliki santri sebagai calon generasi masa depan, diantaranya ilmu, tsaqafah islamiyah dan akhlaq yang mulia. Tsaqafah islamiyah ; dalam aspek pemahaman dan penerapannya menjadi kekuatan seorang muslimah menghadapi beratnya tantangan zaman.

Berlangsung selama satu pekan, UAD kali ini diikuti seluruh santri dari Marhalah I sampai Marhalah V. Empat hari pertama mereka mengikuti ujian praktik. Yang materinya meliputi : fiqh, tahfidz, hadits, bahasa Arab, imla’ dan qiroatul kutub.

Sedangkan hari ke lima hingga ke tujuh mereka mengerjakan ujian tulis. Untuk mata pelajaran seperti : aqidah, fiqh, bahasa Arab, nahwu, shorof, imla’, amaliyah tadris dan adab.(Kontributor : Lutfia | Editor : Hery Purnama)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

nineteen + one =

X
%d bloggers like this: