RIHLAH ILMIAH DALAM STUDI KAMPUS, KUNJUNGI MASJID ISTIQLAL & IIPIA JAKARTA

ARROHMAH.CO.ID — Demi mengenalkan para santri menuju jenjang pendidikan yang lebih tinggi, SMA Integral Ar-Rohmah Tahfizh Pesantren Hidayatullah Malang gelar studi kampus Jakarta-Bandung, Senin-Jumat (13-17/2).

Sebelum keberangkatan, perjalanan diawali dengan melaksanakan Shalat Jama’ Zhuhur-Ashar di Masjid Pesantren. Berbekal nasihat yang disampaikan oleh Ust Imam Malik selaku Mudir Ma’had, agenda pembukaan tersebut dapat dilaksanakan dengan serius dan khusyuk penuh harap agar diberikan kelancaran, keselamatan serta keberkahan dari Allah Ta’ala.

Sesuai dengan agenda yang telah direncanakan, tepat pukul 13.30 WIB rombongan melakukan perjalanan Long Night Trip Malang-Jakarta. Sambil menikmati suasana perjalanan, rombongan singgah di beberapa rest area untuk melemaskan otot, makan malam, serta shalat berjama’ah.

Sampai di Majid Istiqlal

Destinasi pertama, kunjungan di Masjid Istiqlal. Masjid Istiqlal adalah sebuah masjid nasional yang berada di kota Jakarta Pusat, Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia. Masjid ini menjadi masjid terbesar di Asia Tenggara dan masjid terbesar keenam di dunia dalam hal kapasitas jamaah.

Dibangun untuk memperingati kemerdekaan Indonesia, masjid nasional Indonesia ini diberi nama “Istiqlal”, kata bahasa Arab untuk “kemerdekaan”. Masjid ini dibuka untuk umum pada tanggal 22 Februari 1978.

Santri Kelas 11 SMAIRA yang menjadi peserta Rihlah Ilmiah Jakarta-Bandung merasa bahagia dan bersyukur dapat mengikuti kegiatan ini. Destinasi berikutnya adalah Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab atau biasa dikenal dengan LIPIA.

LIPIA Berubah Bentuk Menjadi Institut Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab

Sekedar informasi, kampus LIPIA yang telah berdiri sejak tahun 1980 tersebut, kini berubah bentuk menjadi Institut Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (IIPIA).

Perubahan bentuk LIPIA menjadi IIPIA tersebut berdasar atas pengajuan dari Direktur IIPIA dengan mengacu pada Nota Kesepahaman kerjasama Bidang Ilmiah dan Kebudayaan antara pemerintah Arab Saudi dengan pemerintah Republik Indonesia tahun 1981 dan Surat dari Kementerian Agama Tahun 2002.

Di akhir acara, Ust Amri menyerahkan cinderamata berupa vandel sebagai bentuk ikatan tali silaturrahmi, dilanjut dengan sesi foto bersama di Aula Ma’had IIPIA.(Kontributor: Salim | Editor: El-Weeldan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X