SEMARAK PERINGATAN HARI SANTRI DI AR-ROHMAH TAHFIZH, GELORAKAN JIHAD SANTRI JAYAKAN NEGERI

ARROHMAH.CO.ID — Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2021, SMP-SMA Ar-Rohmah Tahfizh Islamic Boarding School (IBS) Pesantren Hidayatullah Malang menggelar apel Hari Santri Nasional (HSN) 2023, Ahad (22/10).

Peringatan Hari Santri Nasional kali ini mengusung tema “Jihad Santri Jayakan Negeri”. Apel peringatan hari santri ini diikuti ratusan santri, segenap dewan guru, dan karyawan.

Pesan Penting Mudir Ma’had Ar-Rohmah Tahfizh

Dalam amanatnya sebagai Pembina Upacara, Mudir Ma’had Ar-Rohmah Tahfizh, Ustaz H. Imam Malik, menekankan pentingnya membumikan jihad santri dalam membangun kapasitas diri sebagai muslim sejati.

Muslim sejati sebagaimana diperagakan oleh para pahlawan bangsa yang berjuang untuk kemerdekaan agar terlepas dari penjajahan, hendaknya bisa menjadi teladan mulia bagi santri dalam rangka memajukan Islam sebagai inspirasi kehidupan.

Disamping itu, Ustaz Imam Malik menekankan, santri juga harus mampu menyerap hikmah sejarah para santri dan perjuangannya dalam memperjuangkan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Santri amat berperan dalam melawan penjajah dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang dimotori dengan dicetuskannya resolusi jihad yang dideklarasikan oleh KH Hasyim Asy’ari,” katanya.

Hormati Sejarah dan Perjuangan Santri untuk Kemerdekaan Indonesia

Hari Santri yang diperingati kali ini, menurut Ustaz Imam Malik, adalah momentum penting untuk menghormati dan meningkatkan semangat pengabdian dalam membangun agama dan menjayakan negeri dengan dilandasi keberislaman yang spirit kehadirannya melampaui sekat sekat suku dan bangsa dunia.

Hari Santri sebagai Momentum Pengabdian dalam Membangun Agama dan Negeri

Disamping itu, ia menjelaskan, penting juga untuk diingat bahwa Hari Santri adalah momen yang harus digunakan untuk memperkuat semangat pengabdian dalam membangun agama, dan mempromosikan nilai-nilai kebaikan, perdamaian, dan toleransi dalam masyarakat.

“Teruslah berkarya dan berbuat menegakkan peradaban Islam untuk kebaikan bangsa dan negara, serta untuk kemaslahatan alam semesta, karena Islam hadir untuk kebaikan seluruhnya,” tandasnya.

Peringatan Hari Santri Nasional Ar-Rohmah Pesantren Hidayatullah Malang ini juga semakin istimewa karena sekaligus menjadi momen penganugerahan apresiasi kepada para santri yang berhasil mengukir prestasi dalam berbagai ajang kejuaraan selama beberapa bulan terakhir.

Mondok?

— Di Ar-Rohmah Aja..

Ar-Rohmah Islamic Boarding School merupakan institusi pendidikan yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Islam Ar-Rohmah Putri. Tak hanya mendidik siswa-siswi di jenjang SMA, Ar-Rohmah Islamic Boarding School Jawa Timur juga mendidik siswa di jenjang SMP.

Dengan menerapkan pendidikan berbasis pesantren, lembaga pendidikan ini memadukan aspek intelektual, life skill, dan aspek mental-spiritual. Total terdapat 3 kampus yang terdiri dari Ar-Rohmah Putri IBS, Ar-Rohmah Putri IIBS, dan Ar-Rohmah Tahfizh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X
%d blogger menyukai ini: