SMAS AR-ROHMAH PUTRI SATU-SATUNYA SEKOLAH SWASTA TERBAIK PEMENANG LOMBA PERPUSTAKAAN TINGKAT NASIONAL

ARROHMAH.CO.ID — Alhamdulillah.. Kerja keras, komitmen, dan kolaborasi dari seluruh elemen sekolah beserta pihak-pihak terkait telah menghasilkan pencapaian sejarah baru di Pondok Ar-Rohmah Putri Pesantren Hidayatullah Malang Kampus 1. Betapa tidak, sebagai perwakilan dari Jawa Timur dan sekolah berbasis swasta satu-satunya, SMAS Ar-Rohmah Putri berhasil meraih hasil cukup memuaskan dalam Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik dan Lomba Best Practice Perpustakaan Perguruan Tinggi Tahun 2023.

Persaingan Ketat

Dalam persaingan dengan puluhan sekolah terbaik di seluruh Indonesia, Perpustakaan Baitul Hikmah SMAS Ar-Rohmah Putri Pesantren Hidayatullah Malang berhasil meraih Juara III pada Klaster II dalam kompetisi ajang tersebut. Prestasi ini tidak hanya membanggakan sekolah, tetapi juga mengukuhkan posisi Perpustakaan Baitul Hikmah sebagai salah satu perpustakaan percontohan di Jawa timur.

Menjadi Pusat Literasi

Perpustakaan Baitul Hikmah SMA Ar-Rohmah Putri berperan sebagai pusat literasi unggulan khususnya di lingkungan Ponpes Ar-Rohmah Putri. Dengan koleksi buku yang kaya dan beragam, perpustakaan ini menjadi tempat yang inspiratif bagi para siswa untuk membaca dan belajar. Kualitas dan keragaman buku yang ditawarkan membuat perpustakaan ini diakui sebagai yang terbaik.

Mendukung Program Pendidikan

Perpustakaan ini bukan hanya tempat untuk membaca, tetapi juga merupakan bagian integral dari pendidikan di SMA Ar-Rohmah Putri, yang telah aktif dalam mendukung program pendidikan sekolah, membantu siswa dalam memperluas pengetahuan mereka melalui literatur yang tersedia.

Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando, membuka acara grand final lomba ini. Beliau menyatakan bahwa pentingnya membaca masih kurang ditekankan di Indonesia. Saat ini, paradigma perpustakaan berubah di mana sekitar 10 persen pengelolaan perpustakaan adalah untuk manajemen koleksi, 20 persen untuk manajemen ilmu pengetahuan, dan 70 persen untuk transfer ilmu pengetahuan.

Beliau berharap pustakawan dapat menjelaskan ilmu pengetahuan yang sudah usang dan juga dapat mengenalkan ilmu pengetahuan yang baru kepada masyarakat.

Sorotan Lomba

Acara grand final lomba ini dihadiri oleh 17 nominasi peserta lomba perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik dan 10 besar nominasi dari peserta Lomba Best Practice Perguruan Tinggi Tahun 2023. Keberhasilan SMAS Ar-Rohmah Putri Pesantren Hidayatullah Malang dalam ajang ini adalah bukti nyata komitmen mereka dalam mengembangkan perpustakaan sebagai sumber pengetahuan yang berharga.

Pembukaan Grand Final Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik dan Lomba Best Practice Perpustakaan Perguruan Tinggi Tahun 2023 dilaksanakan secara hybrid. Acara ini berlangsung di Hotel Grand Royal Kuningan, Jakarta, dan juga disiarkan langsung melalui YouTube P3SMPT.

“Kemenangan yang diraih Perpustakaan Baitul Hikmah adalah hasil dari perjuangan panjang dan kerja sama semua pihak,” ujar Widi Rahayu, Kepala Sekolah SMA Ar-Rohmah Putri. Ia mengakui bahwa pengelolaan perpustakaan di sekolahnya didesain sesuai dengan selera santri zaman now.

“Kami memiliki tim kreatif yang selalu mengupdate penataan buku dan interior ruangan secara berkala. Hal ini membuat siswa merasa termotivasi untuk datang ke perpustakaan dan pengunjung betah berlama-lama di sana,” tambahnya.

Selain itu, perpustakaan ini memiliki koleksi buku yang mencapai ribuan, yang tertata dengan sangat baik. Sehingga menciptakan suasana seperti berada di kafe, dengan tambahan ruang presentasi/multimedia, ruang pameran handycraft santri, dan ruang penyimpanan karya tulis siswa dan guru.

Prestasi SMA Ar-Rohmah Putri adalah inspirasi bagi sekolah-sekolah lainnya untuk terus memajukan perpustakaan dan memperkuat peran penting perpustakaan dalam mendorong minat membaca dan transfer ilmu pengetahuan terkhusus di lingkungan pesantren.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X