SOSIALISASI MASUK PERGURUAN TINGGI, SMA AR-ROHMAH PUTRI GANDENG ITS

ARROHMAH.CO.ID – Melanjutkan kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menjadi impian mayoritas siswa selepas lulus SMA. Tidak terkecuali para santri SMA Ar-Rohmah Putri Islamic Boarding School Pesantren Hidayatullah Malang.

Menggandeng Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, salah satu sekolah favorit di Malang Raya ini menggelar “Webinar Sosialisasi Masuk Perguruan Tinggi” di Aula Madinah Ar-Rohmah Putri Kampus 2.

Hadir sebagai narasumber Dr.Eng. Unggul Wasiwitono, ST. M.Eng.Sc, Kepala Subdirektorat Admisi ITS Surabaya. Dalam materinya Doktor Unggul, demikian akrab dipanggil, menyampaikan beragam jalur masuk ke PTN dan peluang-peluangnya.

“Dengan mengikuti berbagai jalur seleksi yang telah disiapkan, peluang untuk melanjutkan studi lanjut di ITS itu sangat besar,” ujarnya Rabu (28/12).

Ada tiga jalur seleksi yang bisa diikuti, lanjut Dr. Unggul, untuk masuk perguruan tinggi negeri. Yakni SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau biasa dikenal sebagai jalur undangan menyeleksi calon mahasiswa berdasarkan prestasi dan portofolio akademik. Penilaiannya dilihat dari kompetensi sekolah dan prestasi siswanya. Diantaranya akreditasi sekolah, nilai rapor, dan persyaratan lain berdasarkan PTN yang dipilih.

Sedangkan untuk mendaftar ke Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), setiap siswa harus mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Nilai UTBK menjadi syarat wajib untuk mendaftar ke SBMPTN. Adapun materi yang diujikan meliputi Tes Potensi Skolastik (TPS), TKA Saintek, dan TKA Soshum.

Selain SNMPTN dan SBMPTN, beberapa PTN lain juga membuka jalur masuk melalui Seleksi Mandiri. Jalur ini diatur dan ditetapkan oleh masing-masing PTN secara independen. Proses seleksi pada jalur mandiri ini akan berbeda-beda untuk setiap PTN. Ada PTN yang menggunakan ujian tulis untuk proses seleksi. Tapi, ada juga PTN yang membuka seleksi tanpa tes dengan melihat nilai UTBK dari calon mahasiswa.

Sementara itu Fika Puspitasari selaku Waka. Kurikulum mengatakan, rangkaian kegiatan dari program Sukses Studi Lanjut ini tidak hanya bertujuan mengenalkan jalur masuk PTN kepada seluruh santri kelas XII. Melainkan juga sebagai pelecut semangat bagi mereka agar siap menghadapi berbagai tantangan atau ujian yang akan diikuti selama satu semester ke depan.

“InsyaAllah seluruh santri kelas XII memiliki motivasi yang berlipat, dan siap mengikuti beragam ujian yang tidak lama lagi akan datang,”pungkasnya. (Kontributor : Afifa/I’AR | Editor : Hery Purnama)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

5 × 2 =

X
%d bloggers like this: