GENJOT LITERASI, AR-ROHMAH PUTRI BENTUK LITERACY CLUB

ARROHMAH.CO.ID- Gebrakan baru dibuat Ar-Rohmah Putri Islamic Boarding School (IBS) Pesantren Hidayatullah Malang. Untuk membangkitkan literasi sekolah, Ar-Rohmah Putri membentuk Literacy Club di tahun 2021 ini. Untuk menyukseskan agenda tersebut, jajaran guru yang terbentuk dalam tim literasi sekolah menyeleksi santri-santri di Ar-Rohmah Putri untuk dipilih menjadi anggota LC. Selanjutnya mereka wajib mengikuti diklat LC dengan tema Explore Your Character and Potency by Literacy selama dua hari (18 s/d 19 September 2021) yang seluruh kegiatannya terpusat di perpustakaan Ar-Rohmah Putri.

Dengan diadakannya diklat ini, secara khusus sekolah berharap jika anggota LC Ar-Rohmah Putri mampu membentuk karakter dan komitmen untuk berliterasi yang kuat dan dengan niat hanya bagi Allah.

“Membangun sebuah peradaban yang maju tetap butuh resep yang jitu. Dan salah satunya adalah memiliki kegemaran literasi. Dan saat kalian berliterasi, luruskan niat dan tujuan kalian kepada Allah. Contohnya, membaca buku karena ingin memgenal ilmu Allah. Belajar dengan tekun demi terwujudnya cita-cita juga karena Allah,” ungkap Ustadz Salim Rahmatullah, S.Pd., Kepala Sekolah SMP Ar-Rohmah Putri dalam sambutan pembukaan diklat, Sabtu 18 September 2021.

Menurut Nur Suhana, M.Pd., guru pembina Literacy Club, anggota LC terdiri dari 12 peserta dengan rincian 7 siswi SMA dan 5 siswi SMP. Dan setiap jenjang dipilih untuk mewakili sekolahnya menjadi Duta Literasi Sekolah. Santri yang terpilih adalah Arthifah Rajwa perwakilan dari SMP dan Annisa Nabil perwakilan dari SMA.

“Dalam acara diklat ini anggota LC juga dibekali ilmu-ilmu atau kiat-kiat untuk mampu meregulasi dirinya masing-masing hingga mampu menemukan potensi diri yang masih tersembunyi,” terang Suhana.

Dia juga mengatakan jika tujuan diadakannya diklat ini adalah menumbuhkan semangat anggota LC untuk terus berjuang mengajak remaja agar memiliki ketertarikan pada literasi, khususnya santri Ar-Rohmah Putri. Seperti mengkampanyekan pada santri untuk tidak bosan membaca sehingga muncullah karya tulis yang memiliki kebermanfaatan bagi orang banyak.

Setelah semua rangkaian diklat selesai acara ditutup dengan pelantikan secara simbolik oleh Widi Rahayu, M.Si., penanggung jawab Literacy Club. Dia juga berpesan untuk terus semangat dalam berjihad dan tidak menyerah melakukan amalan jariyah. Tidak mudah menyerah dan putus asa mengajak teman di sekolah dan di asrama untuk selalu berliterasi.(lid/abm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ten + 1 =

X
%d blogger menyukai ini: