KEREN! SMAS AR-ROHMAH PUTRI JUARA III LOMBA PERPUSTAKAAN NASIONAL TERBAIK 2023

ARROHMAH.CO.ID — Capaian prestasi membanggakan kembali diraih oleh SMAS Ar-Rohmah Putri Pesantren Hidayatullah Malang dalam ajang Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik dan Lomba Best Practice Perpustakaan Perguruan Tinggi Tahun 2023 yang diumumkan pada Grand Final Lomba, Jum’at (15/9/2023).

Bersaing dengan puluhan sekolah terbaik se-Indoensia, Perpustakaan Baitul Hikmah SMAS Ar-Rohmah Islamic Boarding School berhasil meraih Juara III pada Klaster II dalam kompetisi Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik Tahun 2023 ini.

Bertempat di Grand Royal Kuningan, Jakarta, Grand Final Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik dan Lomba Best Practice Perpustakaan Perguruan Tinggi Tahun 2023 ini diawali dengan laporan kegiatan dari Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi, Nurcahyono.

Dalam sambutannya, Nurcahyono menyampaikan kegiatan perlombaahn ini sebagai upaya mewujudkan profil perpustakaan sekolah/madrasah Rujukan Tingkat Nasional yang kreatif, inovatif dan adaptif terhadap perubahan serta mampu bertranformasi secara utuh dalam mendukung program pembelajaran yang membentuk profil pelajar Pancasila dan kewirausahaan.

Dan untuk, terang dia, perpustakaan SMA/SMK/MA dan perguruan tinggi diharapkan mampu bertransformasi secara utuh menjadi perpustakaan berbasis teknologi tepat guna dalam rangka menunjang pelaksanaan program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka di perguruan tinggi.

“Karena nantinya juara dari Lomba perpustakaan sekolah dan lomba best practice ini akan menjadi perpustakaan rujukan nasional dan Perpustakaan rujukan layanan di tingkat nasional,” katanya seperti dilansir laman Perpusnas.

Selanjutnya, acara dibuka oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando. Ia menyatakan kita membutuhkan lomba perpustakaan karena di Indonesia ini kita masih kurang sadar akan pentingnya membaca.

Menurutnya, saat ini paradigma perpustakaan berubah di mana sebesar 10 persen pengelolaan perpustakaan untuk manajemen koleksi, sebesar 20 persen untuk manajemen ilmu pengetahuan, dan 70 persen untuk transfer ilmu pengetahuan.

Sehingga, dia berharap, pustakawan harus mampu untuk menjelaskan ilmu pengetahuan yang sudah usang dan juga harus mampu untuk menjelaskan ilmu pengetahuan yang baru kepada Masyarakat.

Acara grand final lomba ini dihadiri oleh 17 nominasi peserta lomba perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik dan 10 besar nominasi dari peserta Lomba Best Practice Perguruan Tinggi Tahun 2023.

Pembukaan Grand Final Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik dan Lomba Best Practice Perpustakaan Perguruan Tinggi Tahun 2023 dilaksanakan secara hybrid, yaitu dari Hotel Grand Royal Kuningan, Jakarta dan juga melalui live streaming Youtube P3SMPT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X