MADIN AR-ROHMAH GELAR BEDAH STRUKTUR KURIKULUM

ARROHMAH.CO.ID — Madrasah Diniyah Ar-Rohmah Putri Pesantren Hidayatullah Malang menggelar Bedah Struktur Kurikulum di Aula Khadijah IBS Ar-Rohmah Putri Campus 1.

Umi Utifah selaku Kepala Madrasah Diniyah menyampaikan tujuan diadakannya re-strukturisasi struktur kurikulum Diniyah sebagai bentuk  evaluasi proses pembelajaran dan pembenahan agar bisa mengantarkan santriwati Ar-Rohmah Putri mencapai karakter yang Taqwa, Cerdas dan Mandiri sesuai dengan visi dan misi Pesantren.

Umi Utifah menambahkan kurikulum seharusnya memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur kompetensi utama, dan pendukung agar tercapaiannya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi lembaga. Kurikulum memuat mata pelajaran yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan serta dilengkapi dengan deskripsi mata pelajaran, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi. Oleh karena itu kurikulum harus dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong  untuk dicapainya tujuan standart kelulusan yang ditetapkan.

Hadir selaku kepala Dikmen Ar-Rohmah Putri Ustadz Alimin Mukhtar, S.Sos.I yang menyampaikan dibutuhkannya sebuah desain pembelajaran yang mampu mengantarkan santri menghafal serta memahami Al-Quran dan hadits. Selain itu dapat menguasai ilmu ulumuddin sehingga mampu mengantar santri menjadi pribadi yang bertakwa dan berakhlakul karimah.

Tertanggal 2 maret 2021 mulai dibentukan Tim Kerja yang terdiri dari Koordinator Mata Pelajaran, Guru senior serta pendamping yang berasal dari kurikulum. acara inti berlangsung pada tanggal 17-18 maret 2021 terkait bedah kurikulum Diniyah yang diikuti oleh masing-masing koordinator mata pelajaran, Waka Kurikulum, Kepala Diniyah dan Kepala Dikmen Ar-Rohmah Putri. (Kontributor : Meilinda | Editor : El-Weeldan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X