MADRASAH DINIYAH AR-ROHMAH PUTRI GELAR UJIAN JUZIYYAH

ARROHMAH.CO.ID – Bahagia itu adalah ketika dinyatakan telah menyelesaikan target hafalan. Meski dua juz saja. Seperti suasana di kampus Ar-Rohmah Putri International Islamic Boarding School (IIBS) Pesantren Hidayatullah Malang, Sabtu (6/11).

Sore itu sebanyak 126 santri tampak terharu bahagia saat satu persatu berhasil mengikuti ujian juziyyah. Kegiatan yang digelar setiap bulan oleh Madrasah Diniyah itu merupakan salah satu bentuk syukur dan apresiasi kepada para santri yang telah mencapai target hafalannya.

Hadir dalam ujian juziyyah kali ini Kepala Sekolah SMA Ar-Ar-Rohmah Putri IIBS, Anggi Permana Ashari. Dalam sambutannya, Ustadz Anggi demikian akrab dipanggil, mengatakan pentingnya bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu, menjaga adab sebagai santri, dan selalu istiqomah dengan Al-Qur’an. Baik membaca, menghafal dan mengamalkannya.

Sementara itu, Lutfiatul Farida selaku Kepala Madrasah Diniyah Ar-Rohmah Putri IIBS menjelaskan, Ujian Juziyyah kali ini hanya diikuti santri dari Marhalah I dan IV. Santri Marhalah I terdiri dari 74 santri SMP dan 49 santri SMA. Santri kelas VII dan X itu memiliki target hafalan dua juz, yaitu juz 30 dan juz 29. Sedangkan 3 santri kelas X SMA dari Marhalah IV yang merupakan alumni SMP Ar-Rohmah Putri, target hafalannya adalah juz 3 dan juz 4.

Baca juga:


Saat mengikuti ujian juziyyah itu, lanjut Ustadzah Lutfia sapaan akrabnya, seluruh peserta maju di atas panggung dan diuji dengan menyambungkan ayat. Soal dibacakan oleh ustadzah penguji dan setiap peserta meneruskan penggalan ayat tersebut hingga akhir. Seluruh peserta pun mampu menyambungkan ayat yang diujikan dengan lancar dan tartil.

Ustadzah Lutfia pun berharap, kegiatan yang berlangsung di Aula Al Hambra lantai 3 dan juga disiarkan live di Instagram itu bisa menjadi menjadi motivasi tersendiri bagi santri lainya.

“Agar mereka lebih terpacu lagi dalam menghafal Al-Qur’an,”pungkasnya. (Kontributor : Lutfi | Editor : Hery Purnama)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × five =

X
%d bloggers like this: