SANTRI SMA AR-ROHMAH PUTRI RAIH PERUNGGU OLIMPIADE KIMIA INTERNASIONAL

ARROHMAH.CO.ID – Santri SMA Ar-Rohmah Putri Islamic Boarding School Pesantren Hidayatullah Malang kembali menorehkan prestasi di tingkat internasional. Kali ini Hafizhoh Fauziyah, santri kelas XII MIPA yang juga hafal Al-Qur’an 30 juz berhasil membawa pulang medali perunggu pada ajang World Applied Chemistry Olympiad (WAChO) 2021.

Prestasi membanggakan itu diraihnya setelah melakukan penelitian tentang manfaat limbah dapur sebagai penghasil energi alternatif. Sampel penelitian yang ia gunakan adalah sisa nasi, kulit pisang dan sisa sayuran yang ada di dapur pesantren.

Mengusung judul Kitchen Waste as an Alternative Energy Resources in Boarding School, penelitian itu bertujuan untuk menunjukkan limbah dapur yang digunakan sebagai substrat mampu menghasilkan energi listrik. Dari sekian sampel yang digunakan itu, kulit pisanglah yang mampu menghasilkan energi listrik tertinggi. Dibandingkan dengan substrat lain dari sisa nasi maupun sisa sayuran.

Baca juga:

Yunilia Nur Pratiwi sebagai Guru Pembimbing, mengaku bangga atas prestasi yang diraih anak didiknya tersebut.

“Syukur alhamdulilah, santri Ar-Rohmah Putri kembali meraih prestasi di tingkat internasional dan mengharumkan nama Indonesia, “ujarnya Jum’at (29/10).

Ustadzah Yunil, demikian akrab dipanggil pun berharap, capaian ini tidak hanya bisa menjadi inspirasi bagi santri Ar-Rohmah Putri. Melainkan juga bagi siswa lainnya di seluruh penjuru nusantara. Agar mereka selalu bersemangat dalam menuntut ilmu. Tidak mudah menyerah dalam meraih prestasi dan menggapai cita-cita.

Berlangsung secara daring, ajang bergengsi yang digelar oleh Indonesian Scientific Society itu diikuti ratusan peserta dari 10 negara. Seperti : Thailand, Turki, Uni Emirat Arab, Rumania, dan lainnya. (Kontributor : Yunilia Nur Pratiwi | Editor : Hery Purnama)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 + twenty =

X
%d blogger menyukai ini: