Santri SMP-SMA Ar-Rohmah Putri Peringati Hari Peduli Sampah Nasional

ARROHMAHPUTRI.sch.id — Santri SMP-SMA Ar-Rohmah Putri Pesantren Hidayatullah Malang mengikuti peringatan Hari Peduli Sampah Nasional di Alun-Alun Kota Malang, Ahad (1/3).

Hadir dalam kegiatan tersebut Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji. Dalam sambutannya ia mengatakan bahwa kegiatan itu bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengelola sampah. Menurutnya volume sampah kian hari semakin meningkat.

“Kita harus bisa merubah pola hidup mulai sekarang. Masyarakat harus terbiasa memisahkan sampah organik dan non organik sejak dari rumah. Agar ketika diterima TPS dan TPA sampah sudah terpilah,” ujarnya.

Kegiatan yang digelar oleh Pemerintah Kota Malang itu diikuti ribuan peserta dari berbagai elemen masyarakat di Malang Raya. Tak terkecuali para santri SMP-SMA Ar-Rohmah Putri Pesantren Hidayatullah Malang.

Ikut serta membuat kerajinan tangan dari bahan bekas

Sulastri selaku guru pendamping mengemukakan, keikutsertaan para santri tersebut merupakan bagian dari proses pembelajaran di luar kelas. Tujuanya agar tumbuh dalam diri mereka kesadaran dan kepedulian menjaga lingkungan sekitar. Mulai dari hal yang sederhana, yaitu mengelola sampah dengan baik dan benar.

Berlangsung sejak pukul 06.00 WIB sampai 10.00 WIB, kegiatan tersebut diawali dengan membersihkan sampah dan mencabut paku di pohon. Dimeriahkan pula dengan lomba daur ulang sampah, mewarnai, melukis tong sampah dan fashion show.

Diperingati tiap tahun, Hari Peduli Sampah Nasional pertama kali ditetapkan oleh Kementrian Negara Lingkungan Hidup pada tahun 2005 silam. Tepat setelah terjadinya tragedi longsor sampah di TPA Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat pada tanggal 21 Februari.

Insiden tersebut mengakibatkan dua kampung luluh lantah tertimbun longsoran sampah dan merenggut 157 jiwa. (Kontributor : Meilinda | Editor : Hery Purnama)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

4 × 2 =

X
%d blogger menyukai ini: