TASMI’ AKBAR, KEGIATAN RUTIN TAHUNAN YANG MENEBAR HARU SEKALIGUS BAHAGIA

ARROHMAH.CO.ID — Tasmi’ adalah aktivitas ujian Tahfidz (menghafal) Al-Qur’an di mana peserta memperdengarkan bacaan Al-Qur’an secara sempurna tanpa kesalahan di hadapan para penguji.

Di Ar-Rohmah sendiri, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang bertujuan untuk mencetak generasi penghafal Al-Qur’an yang menjaga kemurnian kalam-Nya dengan menumbuhkan semangat santri untuk senantiasa menjaga kualitas hafalan dan bacaan Al-Qur’an.

Sabtu (25/05), Ar-Rohmah Putri Pesantren Hidayatullah Malang sukses gelar Tasmi’ Akbar jelang akhir tahun. Kegiatan ini diikuti oleh 109 santri dari marhalah 1 hingga marhalah 6, dengan mayoritas peserta berasal dari marhalah 3 dan 6. Acara ini sekaligus menjadi tasmi’ penutup tahun ajaran 2023-2024.

Hadir dalam acara, Drs. KH. Abdul Wahab Husein, Qari’ nasional dari Jawa Timur, sebagai salah satu penguji menyampaikan pesannya, “Genggamlah Al-Qur’an dengan erat,” kata ustadz kepada para santri, “karena di dalamnya terdapat petunjuk dan cahaya untuk kehidupan kita.”

Dengan rentang pencapaian 3 sampai dengan 30 juz, para santri berhasil melukiskan atmosfer haru kala lantunan terakhir sukses di lafadzkan.

MasyaAllah, saya salut dengan antusiasme dan perjuangan anak-anak yang masih menyempatkan waktu untuk Al-Quran dikala kesibukan ujian akhir tahun. Khususnya bagi santri jenjang kelas 9 dan 12 yang pasti sibuk dengan ujian-ujian kelulusan,” Ujar Bu Tuti, selaku wali santri dari peserta jenjang kelas 9.

Semoga dengan diadakannya tasmi’ dapat memacu semangat santriwati untuk senantiasa semangat dalam menghafal, menyetorkan, memuraja’ah, dan mengamalkan Al-Qur’an serta menjadi ahlullah di dunia dan di akhirat, amin ya mujibad du’a. (Kontributor: I’AR: Calista Aqila & Mufakkiroh Kamilah/Editor: ElWeeldan)

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga dari kalangan manusia.’ Beliau SAW ditanya, ’Siapa mereka wahai Rasulullah.’ Beliau menjawab, ’Mereka adalah Ahlul Qur’an, mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang khusus-Nya.’”

(HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

Mondok?

— Di Ar-Rohmah Aja..

Ar-Rohmah Islamic Boarding School merupakan institusi pendidikan yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Islam Ar-Rohmah Putri. Tak hanya mendidik siswa-siswi di jenjang SMA, Ar-Rohmah Islamic Boarding School Jawa Timur juga mendidik siswa di jenjang SMP.

Dengan menerapkan pendidikan berbasis pesantren, lembaga pendidikan ini memadukan aspek intelektual, life skill, dan aspek mental-spiritual. Total terdapat 3 kampus yang terdiri dari Ar-Rohmah Putri IBS, Ar-Rohmah Putri IIBS, dan Ar-Rohmah Tahfizh.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X