WORKSHOP KEPENULISAN: “TERNYATA, MENULIS ITU MUDAH”

ARROHMAH.CO.ID — “Menulislah, karena tanpa menulis engkau akan hilang dari pusaran sejarah”, Pramoedya Ananta Toer. Secuil kalimat yang sampai saat ini melekat erat. Inilah salah satu cara Ar-Rohmah Putri mewadahi bakat minat santri dengan menyelenggarakan acara workshop kepenulisan bersama tim dari Gramedia, Selasa (3/10) .

Kegiatan ini dihadiri oleh anggota Literacy Club dan I’lamiyah divisi Jurnalistik yang berjumlah 46 orang, bertempat di Perpustakaan Baitul Hikmah Ar-Rohmah Putri.

Menulis merupakan salah satu bakat yang diminati oleh santri Ar-Rohmah Putri. Tak tanggung-tanggung, demi mengasah bakat dan kemampuan santri, Ar-Rohmah Putri mendatangkan Kak Jarwati selaku manajer editor dari Quanta Elex Media Komputindo. Ia memberikan materi seputar penerbitan buku, jenis-jenis penerbit, dan tips agar naskah diterima oleh penerbit.

Selanjutnya, paparan materi disampaikan oleh Kak Dewi sebagai editor Quanta Elex Media Komputindo. Kak Dewi memberikan materi tentang kepenulisan diantaranya, step-step yang harus dilakukan saat menulis.“Mulailah dengan menuliskan hal-hal yang kamu ketahui, tulislah tentang pengalaman dan perasaan sendiri, karena dengan itu kita dapat menguasai apa yang kita tulis,” ujar Kak Dewi.    

Di akhir acara, pemateri memberikan kesempatan kepada para santri untuk sesi tanya jawab. Para santri pun antusias untuk bertanya. Terlihat wajah sumringah dan bahagia para santri yang mendapatkan doorprize dari pemateri. Selain itu, hal yang paling dinantikan ialah saat para santri mendapatkan kesempatan emas untuk menulis karya yang langsung dikoreksi oleh para pemateri handal.

Miss Putry, selaku penanggung jawab acara berharap workshop ini dapat mengembangkan bakat dan minat santri Ar-Rohmah Putri dalam bidang kepenulisan. Hingga acara ini pun mampu membawa kesan tersendiri bagi para santri yang mengikuti.

“Acaranya sangat seru, di sini kita bisa tahu serba-serbi penerbitan dan tips-tips tentang mudahnya menulis,” ucap Fina Zahroti kelas XF. (I’AR: Mufakkiroh Kamilah & Athifah Rajwa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X